Bulan bakal lebih gelap, ini 5 tips sederhana motret gerhana bulan penumbra menggunakan HP

Bulan bakal lebih gelap, ini 5 tips sederhana motret gerhana bulan penumbra menggunakan HP

Gerhana Bulan Penumbra

Bulan bakal lebih gelap, ini 5 tips sederhana motret gerhana bulan penumbra menggunakan HP

foto: freepik.com

1. Remote Shutter

Pastikan kamu selalu memantau proses berlangsungnya gerhana bulan penumbra. Oleh karena itu kamu bisa menggunakan remote shutter untuk membuat kamera menangkap gambar secara otomatis. Untuk pengguna Android, kamu bisa menggunakan berbagai aplikasi di Play Store dengan fungsi pengendali kamera. Sementara untuk pengguna Apple, terdapat Apple Watch yang dapat menggunakan aplikasi kamera pada iPhone melalui aplikasi kamera pada perangkat jamnya.

2. Buat time-lapse

Salah satu teknik videografi yang bisa menjadi tips mengabadikan momen gerhana bulan penumbra adalah time-lapse. Video dengan format time-laps bercirikan dengan manipulasi atas kecepatan frame yang ditangkap. Di beberapa smartphone seperti iPhone dan seri Samsung Galaxy telah tersedia mode time-lapse sebagai fitur kamera bawaan. Untuk perangkata Android, seperti Google Pixel, kamu bisa memasang aplikasi pihak ketiga.

3. Mengunci fokus dan Eksposur

Kamu dapat mengatur fokus dan eksposur di dalam aplikasi kamera pada smatphone. Hampir setiap smartphone sudah dilengkapi kedua fitur ini pada kameranya. Dalam kondisi seperti gerhana bulan penumbra, ada baiknya jika kamu mengatur eksposur di tingkat yang rendah.

4. Berbagai kaca pelindung

Saat melihat fenomena gerhana bulan penumbera sebaiknya kamu mengenakan kaca mata. Ini untuk menghindari dari berbagai resiko berbahaya mengingat kamu akan melihat ke arah matahari ketika fenomena tersebut berlangsung.

Selain kaca untuk mata, kaca untuk smartphonemu juga direkomendasikan. Bahkan NASA tidak menjamin jika gerhana tidak dapat merusak kamera smartphone saat diarahkan ke peristiwa itu. Pengunaan kamera juga dapat membantu pengambilan gambar karena selain mencegah kerusakan, juga mengurangi glare.

5. Tripod

Gunakan tripod atau stik selfi sebagai penyangga perangkat. Alat tersebut akan membuat foto jauh lebih stabil dan kamu dapat memantau gerhana secara langsung.

(brl/guf)