Bulan bakal lebih gelap, ini 5 tips sederhana motret gerhana bulan penumbra menggunakan HP

Bulan bakal lebih gelap, ini 5 tips sederhana motret gerhana bulan penumbra menggunakan HP

Techno.id - Gerhana bulan adalah sebuah fenomena langit ketika posisi bumi berada dalam satu tarikan garis lurus yang letaknya di antara matahari dan bulan. Ini mengakibatkan cahaya matahari menuju bulan terhalang oleh bumi.

Gerhana bulan dengan berbagai kedudukan yang spesifiknya dibagi menjadi tiga jenis. Gerhana bulan total, gerhana bulan sebagian, dan gerhana bulan penumbra.

Saat ini peristiwa gerhana sudah bisa dikalkulasi keberadaannya berdasarkan kajian Astronomi. Artinya kedudukan, waktu, durasi dan lain-lain seputar gerhana secara detail bisa diprediksi oleh umat manusia. Seperti yang terjadi 5 Mei 2023 ini, akan terjadi gerhana bulan penumbra.

Gerhana bulan penumbra memiliki pengertian yaitu saat seluruh bagian bulan berada di bagian penumbra. Bulan akan terlihat lebih gelap dari biasanya.

Bagi kamu yang tertarik dengan fenomena ini, abadikan melalui kamera smartphone. Berikut techno.id telah merangkum dari CNET pada Jumat (5/5), 5 tips sederhana memotret gerhana bulan penumbra menggunakan kamera smartphone.


(brl/guf)