Aplikasi bloatware apakah boleh dihapus? Simak penjelasan dan cara mudah mengelolanya

Aplikasi bloatware apakah boleh dihapus? Simak penjelasan dan cara mudah mengelolanya

Techno.id - Pernahkan kamu mendengar istilah aplikasi bloatware, atau kamu sedang bingung gimana cara menghapus software bloatware? Jika sobat belum tahu dan mencoba menghilangkan aplikasi bloatware, yuk simak ulasan berikut ini.

Bagi pengguna smartphone berbasis Android tentu sudah tidak asing lagi dengan bloatware. Jika kamu masih asing, bloatware merupakan aplikasi yang sudah terpasang pada perangkat sebelumnya oleh produsen atau pihak ketiga. Dengan kata lain bloatware adalah aplikasi bawaan dari device yang digunakan.

Adanya bloatware atau aplikasi bawaan ini seakan mempunyai dampak positif maupun negatif. Aplikasi bawaan terbilang jarang digunakan oleh pengguna. Keberadaannya pun malah memakan ruang penyimpanan, sehingga pengguna tidak bisa memaksimalkan pemakai perangkat.

Berangkat dari masalah tersebut, seringkali pengguna ingin menghapus aplikasi bawaan dari developer. Lantas apakah hal tersebut diperbolehkan? Nah, untuk menjawabnya, yuk ikuti ulasan techno.id pada Rabu (3/5) yang dihimpun dari berbagai sumber.


(brl/guf)