Bosan dengan video pendek di TikTok? Kamu bisa bikin postingan teks, begini caranya

Bosan dengan video pendek di TikTok? Kamu bisa bikin postingan teks, begini caranya

Techno.id - TikTok selama ini dikenal sebagai aplikasi berbagi video pendek yang cukup popular di kalangan anak muda. Namun kini TikTok juga menjadi salah satu aplikasi untuk berbagi teks. Pengguna saat ini bisa berbagi postingan teks pada kontennya.

Meski fitur baru TikTok ini tidak sekaya Instagram, Threads atau X (sebelumnya bernama Twitter), namun dengan fitur baru ini pengguna bisa memiliki alternatif untuk membuat postingan di TikTok.

Cara membuat postingan teks di TikTok

Bosan dengan video pendek di TikTok? Kamu bisa bikin postingan teks, begini caranya foto: techno.id/yani andriyansyah

Sebelum menggunakan fitur ini pastikan kamu telah mengupgrade aplikasi TikTok yang ada di perangkat kamu.

1. Buka TikTok, lalu tekan tombol Buat (+) yang berada di tengah-tengah di bagian bawah. Kemudian, pindahkan korsel mode dari posisi default Foto ke Teks.

2. Kamu akan dibawa langsung ke editor draf

3. Jika kamu terbiasa mengedit teks dalam mode lain di TikTok, tidak akan kesulitan melakukannya. Baris paling atas memiliki opsi pemformatan, termasuk gaya garis besar, justifikasi teks, dan sejumlah opsi jenis huruf. Baris di bawahnya adalah roda warna untuk teks (atau garis tepi, tergantung pada gaya yang kamu pilih).

Sementara penggeser vertikal di sisi kiri mengontrol ukuran huruf, ada ukuran maksimum yang lebih kecil yang diizinkan untuk postingan teks daripada postingan multimedia. kamu juga bisa menyisipkan emoji sesuka hati.

4. Di bagian atas, kamu dapat memilih beberapa musik untuk menyertai postingan. Kamu dapat memilih pilihan 15 detik dari potongan musik berlisensi berdurasi 1 menit atau mengambil cuplikan dari video TikTok lainnya.

5. Draf yang dibuat bisa disimpan jika kamu keluar dari editor di tengah-tengah pembuatan postingan. Kamu bisa mengakses dan melanjutkan postingan.

6. Kamu bisa menambahhkan stiker, mengunggah foto, mencari GIF, atau memasukkan elemen interaktif seperti @mentions atau jajak pendapat.

7. Kamu bisa memilih pengaturan privasi untuk mengatur agar postingan kamu dapat dilihat semua orang, hanya teman (orang yang kamu ikuti atau yang mengikuti kamu). Kamu juga dapat mengatur pilihan audiens tersebut sebagai default dan mengaktifkan apakah kamu mengizinkan komentar pada kiriman.

8. Ketika siap untuk mempublikasikan postingan, kamu dapat menekan salah satu tombol di bagian bawah untuk memposting ke Cerita kamu yang akan hilang setelah 24 jam, atau Posting ke Umpan.

(brl/red)