10 Aplikasi smartphone yang cukup “rakus” menyedot kuota data

10 Aplikasi smartphone yang cukup “rakus” menyedot kuota data

Techno.id - Hampir setiap aktivitas saat ini tidak pernah lepas dari ponsel cerdas, baik untuk berinteraksi dengan teman, melakukan kolaborasi profesional, atau bersantai menikmati hiburan. Maklum, dengan smartphone saat ini pengguna dapat mengakses internet dan aplikasi digital dengan mudah.

Tapi tentu saja untuk mengakses internet dibutuhkan kuota data. Konsumsi data setiap orang jelas berbeda untuk berbagai kebutuhan. Pengguna bisa menghitung sendiri berapa jumlah data yang dihabiskan setiap bulan untuk paket internet maupun langganan streaming.

Namun dengan seringnya menggunakan aplikasi dan layanan yang membutuhkan data, tidak jarang kita menghabiskan hingga tiga kali lipat dari jumlah rata-rata untuk data per bulannya.

Sebagai informasi setiap aplikasi ponsel pintar dapat menyedot data dengan berbagai cara. Platform seperti TikTok, yang menyediakan video baru dan berkualitas tinggi dengan setiap sapuan, mengkonsumsi data melalui unduhan video. Demikian pula, aplikasi media sosial seperti Instagram dan Facebook.

Apalagi saat ini banyak juga aplikasi ponsel pintar yang mengkonsumsi data saat berjalan di latar belakang. Karena itu kamu wajib bijak menggunakan aplikasi agar tidak kebobolan. Nah berikut 10 aplikasi yang paling rakus menyedot kuota data yang berhasil dirangkum Techno.id dari berbagai sumber.

1. Instagram

10 Aplikasi smartphone yang cukup rakus menyedot kuota data foto: unsplash/solen feyissa

Kini pola penggunaan Instagram mengalami peningkatan, yang terlihat dari jumlah video yang diposting semakin banyak. Maka tidak mengherankan jika menghabiskan satu jam setiap hari di Instagram selama seminggu dapat menghabiskan kuota data rata-rata hingga 4,2 GB. Aplikasi ini akan mengkonsumsi lebih banyak data ketika pengguna mengunggah konten. Rata-rata sekitar 2MB per foto dan tentu saja akan lebih banyak lagi untuk konten video.

2. TikTok

10 Aplikasi smartphone yang cukup rakus menyedot kuota data foto: unsplash/olivier bergeron

Mirip dengan Instagram, TikTok menawarkan banyak fitur yang mendorong pengguna mengunggah konten sesering mungkin. Namun, meskipun fokus TikTok pada video pendek yang memberi kesan bahwa aplikasi ini hemat data, namun faktanya tidak demikian. Bahkan platform ini menduduki peringkat teratas dalam daftar aplikasi media sosial yang menghabiskan banyak data.

Satu jam untuk melihat feed TikTok menghabiskan sekitar 840MB data. Jika ini ditingkatkan ke tingkat mingguan, maka akan meningkat menjadi 10 GB cuma untuk TikTok saja. Tentu saja pengguna yang sering mengunggah video bisa jadi akan menggunakan data lebih dari jumlah tersebut.

3. YouTube

10 Aplikasi smartphone yang cukup rakus menyedot kuota data foto: unsplash/cardmapr nl

Dengan lebih dari 500 jam video yang diunggah ke YouTube per menit, platform ini melayani lebih dari dua miliar pengguna aktif setiap bulan. Berdasarkan uji coba yang dilakukan Android Authority, YouTube bisa menyedot hingga 2,7 GB untuk setiap 60 menit menonton video dengan resolusi 720p (HD) dan kecepatan bit yang tinggi.

Konsumsi data tersebut meningkat hingga 23 GB per jam pada resolusi 2160p (4k), dan bahkan pada kualitas terendah 144p, aplikasi ini masih menggunakan lebih dari 1 MB per menit video. YouTube juga membutuhkan data yang sangat besar untuk mengunggah konten video, tergantung pada resolusi masing-masing video.

4. Netflix

10 Aplikasi smartphone yang cukup rakus menyedot kuota data foto: unsplash/cardmapr nl

Untuk urusan menyedot kuota data, Netflix tampaknya mengalahkan YouTube untuk beberapa kategori. Platform ini berspesialisasi dalam konten berdurasi panjang termasuk film dan serial, menayangkan film kartun dan film animasi live-action, dserta menawarkan video games.

Konsumsi data untuk menggunakan Netflix pada peramban juga tinggi. Pada definisi standar, video Netflix menghabiskan hingga 1 GB per jam dan ketika pengguna meningkatkan kualitas video menjadi Full HD atau 4k, maka secara otomatis akan meningkatkan konsumsi video per jam hingga 3 GB sampai 7 GB.

Pada aplikasi selular, menonton konten pada pola pengaturan Data Maksimum dapat menelan lebih dari 1 GB data setiap 20 menit. Sementara pada pengaturan Otomatis, untuk menyeimbangkan resolusi video dan biaya data, mengonsumsi data sekitar 1 GB dalam empat jam.

5. Google Chrome

10 Aplikasi smartphone yang cukup rakus menyedot kuota data foto: unsplash/remotar jobs

Chrome adalah alat utama Google untuk internet yang terpopuler di dunia. Secara default, Chrome menggunakan banyak data untuk mengakses internet baik untuk menjelajahi halaman web, membaca dokumen, atau melihat multimedia.

Bergantung pada situs web yang dikunjungi atau tugas yang sedang dijalankan, Chrome akan mengkonsumsi jumlah data yang bervariasi per satuan waktu kerja. Browser ini juga akan menggunakan data dalam melacak riwayat penelusuran, merekomendasikan artikel berita di feed Chrome, dan menjalankan proses latar belakang untuk menjaga tab browser tetap terbuka.

(brl/red)