Begini cara mengetahui penyebab baterai iPhone kamu boros, gunakan 6 tips ini untuk menghematnya

Begini cara mengetahui penyebab baterai iPhone kamu boros, gunakan 6 tips ini untuk menghematnya

Techno.id - Baterai iPhone kamu boros? Jika kamu mengalami masalah ini, percayalah kamu tidak sendirian. Lantas apa yang menyebabkan baterai iPhone kamu cepat habis? Banyak orang percaya bahwa baterai iPhone mereka cepat habis karena rusak.

Namun, sebagian besar masalah baterai iPhone sebenarnya terkait dengan perangkat lunak. Perangkat lunak iPhone, yang dikenal sebagai iOS, memberikan fungsionalitas pada iPhone. Perangkat lunak iPhone sebenarnya sangat kuat, tetapi jika ada yang tidak beres,kamu bisa mengalami masalah seperti baterai yang cepat habis atau aplikasi yang tidak berfungsi. Berikut sembilan tips menghemat baterai yang akan membantu kamu memaksimalkan penggunaan iPhone.

1. Nyalakan fitur Kurangi Gerakan pada iPhone

Begini cara mengetahui penyebab baterai iPhone kamu boros, gunakan 6 tips ini untuk menghematnya foto: freepik/thanyakij-12

iPhone mampu menampilkan efek visual yang menakjubkan karena kerja GPU (Graphic Processing Unit). Namun, GPU iPhone membutuhkan banyak daya baterai untuk menampilkan efek gerakan ini. Dengan menyalakan Kurangi Gerakan di aplikasi Pengaturan, kamu dapat membantu membatasi jumlah baterai yang digunakan GPU. Begini cara mengaktifkan fitur Kurangi Gerakan di iPhone.

1. Buka aplikasi Pengaturan.

2. Ketuk Umum.

3. Ketuk Aksesibilitas.

4. Ketuk Kurangi Gerakan.

5. Ketuk tombol di samping Kurangi Gerakan untuk menyalakannya. Kamu akan mengetahui bahwa fitur Kurangi Gerakan aktif saat sakelar berwarna hijau dan diposisikan ke kanan.

2. Mematikan fitur analisis iPhone

Begini cara mengetahui penyebab baterai iPhone kamu boros, gunakan 6 tips ini untuk menghematnya foto: freepik/user1952734

iPhone menggunakan sedikit daya baterai setiap kali mengirimkan data penggunaan ke Apple. Dengan mematikan analitik, iPhone kamu menghemat sedikit masa pakai baterai setiap kali akan mengirim data ke Apple. Awalnya mungkin tidak terlihat signifikan, namun lama kelamaan kamu akan menghemat daya tahan baterai berjam-jam. Begini cara mematikan fitur Analisis iPhone.

1. Buka aplikasi Pengaturan.

2. Ketuk Privasi.

3. Gulir ke bawah dan ketuk Analisis.

4. Matikan sakelar di samping Bagikan Analisis iPhone, Bagikan Analisis iCloud, Tingkatkan Aktivitas. Kamu akan mengetahui bahwa sakelar dimatikan saat berwarna abu-abu dan diposisikan ke kiri.

3. Mengubah email push

Begini cara mengetahui penyebab baterai iPhone kamu boros, gunakan 6 tips ini untuk menghematnya foto: freepik/fellownekocat

Email push adalah salah satu alasan terbesar mengapa baterai iPhone cepat habis. Ketika email kamu diatur ke push daripada fetch, server email akan terus terhubung ke iPhone sehingga kamu dapat menerima email segera setelah email tersebut masuk ke kotak masuk.

Ketika kamu beralih ke fetch, iPhone kamu akan terhubung ke server email setiap beberapa menit dan memeriksa apakah ada email baru. Mengubah email dari push ke fetch berarti kamu mungkin harus menunggu beberapa saat lebih lama sebelum mendapatkan pemberitahuan tentang email baru di kotak masuk, namun hal ini akan sangat membantu untuk memperpanjang masa pakai baterai iPhone dalam jangka panjang. Begini cara mengubah email dari push menjadi fetch.

1. Buka aplikasi Pengaturan.

2. Ketuk Mail.

3. Ketuk Akun.

4. Ketuk Ambil Data Baru.

5. Sentuh tombol di samping Dorong untuk mematikan email push. Kamu akan mengetahui bahwa push mail tidak aktif ketika sakelar berwarna abu-abu.

(brl/red)