5 Tips mudah memperpanjang masa pakai baterai saat bermain game di smartphone Android

5 Tips mudah memperpanjang masa pakai baterai saat bermain game di smartphone Android

Techno.id - Mungkin banyak dari kamu yang mendapatkannotifikasi pop-up baterai hampir habis saat sedang bermain game. tentu saja kondisi tersebut sangat mengganggu dan menjengkelkan. Tetapi, perlu diketahui jika bermain game, apalagi dengan game online grafis yang berat, sangat cepat menguras baterai.

Nah untuk mengatasinya, berikut lima cara mengurangi pengurasan baterai untuk memperpanjang sesi bermain game di ponsel Android.

1. Sesuaikan pengaturan ponsel dan game

5 Tips mudah memperpanjang masa pakai baterai saat bermain game di smartphone Android foto: freepik/farknot

Salah satu hal terpenting yang harus dilakukan sebelum mulai bermain game adalah menyesuaikan tingkat kecerahan. Menurunkan kecerahan layar dapat secara signifikan mengurangi penurunan baterai. Hal ini paling baik dilakukan terutama saat bermain di lingkungan yang gelap.

Pengaturan lain yang dapat memengaruhi masa pakai baterai adalah tingkat suara. Kamu dapat menurunkan volume atau membisukannya sama sekali jika kamu tidak perlu mendengar setiap efek suara atau trek musik dalam game. Hal ini akan menghemat baterai serta mencegah kamu mengganggu orang-orang di sekitar.

Beberapa game juga menawarkan fleksibilitas untuk mengubah kualitas grafis, frekuensi gambar, atau resolusi. Pengaturan ini menentukan seberapa detail dan halus tampilan game. Tetapi cara ini membutuhkan lebih banyak daya pemrosesan dan baterai.

Jika kamu tidak keberatan mengorbankan kualitas visual untuk waktu bermain yang lebih lama, turunkan pengaturan ini untuk menghemat daya baterai. Terakhir, untuk game offline, kamu dapat mengaktifkan mode pesawat atau menonaktifkan Wi-Fi dan data seluler saat bermain game. Hal ini akan mencegah ponsel Anda menerima pemberitahuan, pembaruan, atau aktivitas latar belakang lainnya yang dapat mengganggu permainan dan menghabiskan baterai. Namun, hal ini mungkin tidak berlaku untuk game yang membutuhkan koneksi internet atau fitur multipemain.

2. Hindari ponsel terlalu panas

5 Tips mudah memperpanjang masa pakai baterai saat bermain game di smartphone Android foto: freepik

Ponsel yang terus menerus kepanasan dapat menyebabkan kerusakan drastis dan berkurangnya masa pakai baterai, sehingga kamu harus mengisi daya lebih sering. Ponsel yang panas juga dapat memengaruhi kinerja dan menyebabkan ponsel menjadi lambat atau macet, sehingga bisa merusak pengalaman bermain game dan membuat kamu kehilangan progres atau poin.

Panas paling banyak berasal dari CPU dan GPU yang berjalan dengan kecepatan tinggi, dan itu tidak dapat dihindari saat kamu bermain game. Kamu dapat mencegah ponsel menjadi terlalu panas dengan bermain game di tempat yang sejuk dan jauh dari sinar matahari langsung.

Bisa juga dengan mengeluarkan ponsel dari casingnya, dan menutup aplikasi yang tidak kamu perlukan. Kamu juga bisa mengipasi ponsel atau menggunakan bantalan pendingin untuk mencegah panas berlebih.

3. Matikan Force 4x MSAA

5 Tips mudah memperpanjang masa pakai baterai saat bermain game di smartphone Android foto: unsplash/soliman cifuentes

Force 4x Multisample Anti-Aliasing (MSAA) adalah fitur pengembang yang dapat kamu aktifkan untuk meningkatkan resolusi game atau aplikasi dengan merendernya pada empat kali lipat resolusi asli layar ponsel. Meskipun fitur ini membuat game kamu terlihat lebih tajam dan detail, namun fitur ini menghabiskan banyak daya baterai dan berpotensi menimbulkan masalah panas berlebih.

Fitur ini dimatikan secara default, tetapi jika kamu mengikuti panduan tentang cara meningkatkan performa game di Android dan mengaktifkannya, kamu dapat menonaktifkannya lagi untuk menghindari dampaknya terhadap daya tahan baterai.

4. Gunakan koneksi internet yang cepat dan stabil

5 Tips mudah memperpanjang masa pakai baterai saat bermain game di smartphone Android foto:unsplash/onur binay

Memainkan game multipemain dengan koneksi internet yang lambat dan tidak stabil akan menguras baterai lebih cepat dari biasanya. Hal tersebut terjadi karena ponsel kamu akan menggunakan lebih banyak daya untuk mencari sinyal jaringan atau mencoba mempertahankan koneksi.

Hal tersebut dapat membuat ponsel menjadi panas dan menguras baterai. Karena itu, hindari bermain game di tempat yang ramai atau area dengan sinyal yang buruk untuk mencegah hal ini. Menggunakan Wi-Fi yang kuat dan cepat adalah alternatif yang tepat.

5. Sambungkan ponsel ke sumber daya atau power bank

5 Tips mudah memperpanjang masa pakai baterai saat bermain game di smartphone Android foto: unsplash/screen post

Tips lainnya adalah mencolokkan ponsel yang tidak terisi penuh ke sumber listrik atau power bank saat bermain game. Meskipun metode ini tidak sepenuhnya menghemat baterai, tapi cara ini bisa membuat kamu tetap menikmati lebih banyak sesi permainan favorit sekaligus meningkatkan daya baterai.

Namun, kamu tidak boleh mengisi daya ponsel secara nirkabel atau mengisi daya ponsel dengan cepat saat bermain game. Karena hal tersebut dapat membuat ponsel dan baterai lebih panas daripada pengisian daya normal.

(brl/red)