Aman gak sih menggunakan pengisi daya 120W untuk ponsel cerdas 67W? begini penjelasannya

Aman gak sih menggunakan pengisi daya 120W untuk ponsel cerdas 67W? begini penjelasannya

Techno.id - Saat ini hampir semua smartphone didukung pengisian daya cepat. Fitur ini untuk mengatasi daya dukung baterai pada sebuah perangkat agar nyaman digunakan.

Nah kapasitas pengisian daya cepat yang ditawarkan produsen smartphone juga beragam. Ada yang menawarkan 67 Watt hingga 120 Watt. Muncul pertanyaan, amankah menggunakan pengisi daya 120W untuk smartphone 67W?

Tentu saja kamu dapat menggunakan pengisi daya tersebut, tetapi ada beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan sebelum melakukannya.

1. Keamanan

Aman gak sih menggunakan pengisi daya 120W untuk ponsel cerdas 67W? begini penjelasannya foto: freepik/vitalii petrushenko

Dalam banyak kasus, pengisi daya dengan kapasitas lebih besar cukup aman digunakan untuk smartphone dengan kapasitas baterai lebih kecil. Sebab ponsel cerdas dan pengisi daya modern saat ini memiliki langkah-langkah keamanan bawaan yang mencegah kerusakan akibat Watt yang tidak sesuai.

Ponsel cerdas hanya akan menarik daya yang dibutuhkannya, meskipun pengisi dayanya menawarkan lebih banyak. Namun, kompatibilitas adalah kuncinya. Pastikan pengisi daya dan telepon mendukung standar pengisian daya yang sama, seperti pengiriman daya USB-C. Menggunakan pengisi daya yang tidak kompatibel, terutama pengisi daya yang murah dan tidak bersertifikat, dapat menimbulkan risiko.

2. Kecepatan pengisian daya

Aman gak sih menggunakan pengisi daya 120W untuk ponsel cerdas 67W? begini penjelasannya foto: freepik/vlarvix

Ponsel cerdas kamu akan mengisi daya pada kecepatan maksimum yang didukung, misalnya 67W. Sementara kemampuan pengisi daya 120W tidak akan digunakan untuk mengisi daya ponsel kamu. Oleh karena itu, tidak ada manfaat dalam hal kecepatan pengisian daya. Pengisi daya 67W akan sama efisiennya dan berpotensi lebih murah.

3. Pertimbangan lain

Aman gak sih menggunakan pengisi daya 120W untuk ponsel cerdas 67W? begini penjelasannya foto: freepik/mteerapat

Pengisi daya 120W mungkin menghasilkan sedikit lebih banyak panas selama pengisian daya, terutama jika kualitas kabelnya di bawah standar. Ini normal, tetapi pantau panas yang berlebihan sebagai tindakan pencegahan.

Namun beberapa ahli menyarankan bahwa terus-menerus menggunakan pengisi daya dengan Watt lebih tinggi daripada yang dibutuhkan ponsel dapat menyebabkan keausan baterai yang sedikit lebih cepat dalam jangka panjang. Namun, dampaknya kemungkinan kecil dan seharusnya tidak menjadi perhatian utama.

Kesimpulan

Aman gak sih menggunakan pengisi daya 120W untuk ponsel cerdas 67W? begini penjelasannya foto: freepik/user16766420

Jadi, menggunakan pengisi daya 120W untuk ponsel 67W umumnya aman, tetapi tidak akan memberikan keuntungan kecepatan pengisian daya apa pun. Lebih praktis dan hemat biaya untuk menggunakan pengisi daya 67W yang dirancang khusus untuk ponsel kamu.

Namun, jika kamu memprioritaskan memiliki satu pengisi daya untuk beberapa perangkat dengan kebutuhan Watt yang berbeda-beda, pengisi daya 120W dapat menjadi pilihan serbaguna selama kompatibilitasnya terjamin.

Ingat, keselamatan harus selalu menjadi prioritas utama kamu. Pilih pengisi daya dan kabel bersertifikat dan pantau ponsel kamu dari perilaku yang tidak biasa selama pengisian daya.

(brl/red)