4 Tempat yang direkomendasikan untuk mengganti baterai iPhone yang rusak

4 Tempat yang direkomendasikan untuk mengganti baterai iPhone yang rusak

Techno.id - Baterai smartphone, termasuk iPhone akan aus seiring pemakaian. Kondisi ini tidak bisa dihindari. Baterai akan berkurang kemampuannya untuk menyimpan daya seperti semula ketika sudah digunakan cukup lama.

Artinya, yang awalnya bisa menyimpan daya sampai 100%, setelah lama digunakan maka baterai hanya akan terisi penuh 80% atau kurang. Lama kelamaan, kapasitasnya semakin berkurang bahkan hingga di bawah 50% dalam keadaan penuh.

Dengan kondisi seperti itu, kamu harus sering melakukan pengisian daya dalam sehari. Artinya, iPhone hanya bisa digunakan beberapa jam saja dalam sekali pengisian daya.

Jika tidak diantisipasi, maka baterai akan rusak total. Jika sudah begini, maka satu-satunya cara adalah menggantinya dengan baterai baru untuk kembali menghidupkan perangkat, memulihkan kinerjanya, dan memperpanjang masa pakainya.

Namun banyak pengguna yang bertanya, di mana tempat yang tepat untuk penggantian baterai iPhone. Kali ini Techno.id akan memberikan pertimbangan untuk kamu menemukan solusi terbaik terkait pergantian baterai iPhone.

1. Penyedia layanan resmi Apple (AASPs)

4 Tempat yang direkomendasikan untuk mengganti baterai iPhone yang rusak foto: apple.mitracare.com

Penyedia layanan resmi Apple (Apple Authorized Service Providers) merupakan tempat yang direkomendasikan Apple untuk perbaikan perangkat. Sebab, dari segi kenyamanan dan keandalan, tempat ini merupakan bisnis independen yang disertifikasi untuk memenuhi standar layanan Apple yang ketat.

Dengan begitu tempat ini memastikan penggunaan suku cadang Apple asli dan teknisi terlatih, memberikan ketenangan pikiran dan cakupan garansi yang potensial.

Situs web resmi Apple menawarkan alat pencarian yang nyaman untuk menemukan penyedia layanan resmi di dekat kamu. Nah meskipun menawarkan rasa aman, AASP umumnya memiliki biaya layanan yang lebih tinggi dibanding tempat lain.

2. Apple Store

4 Tempat yang direkomendasikan untuk mengganti baterai iPhone yang rusak foto: apple

Tempat lain yang juga direkomendasikan adalah Apple Store. Dari sisi akses dan keahlian tempat ini juga cukup mumpuni. Jika kamu mengetahui Apple Store terdekat, kamu dapat menjadwalkan janji temu atau masuk untuk penggantian baterai.

Sama seperti AASPs, Apple Store juga mempekerjakan teknisi terlatih dan menggunakan suku cadang asli untuk memastikan layanan berkualitas.

Namun tidak semua orang memiliki akses mudah ke Apple Store, dan janji temu dapat dibatasi, terutama pada jam sibuk. Untuk urusan biaya, mirip dengan AASP, Apple Store memiliki biaya layanan terstandarisasi, yang bisa lebih mahal.

3. Bengkel servis independen

4 Tempat yang direkomendasikan untuk mengganti baterai iPhone yang rusak foto: freepik/poravute

Tempat service independen banyak ditemui di berbagai tempat. Bengkel independen ini seringkali lebih tersebar luas, menawarkan aksesibilitas yang nyaman bagi banyak pengguna.

Dari sisi biaya biasanya bervariasi, tergantung toko, suku cadang yang digunakan, dan biaya tenaga kerja. Sangat penting untuk membandingkan harga dan meneliti reputasi toko sebelum melanjutkan menggunakan jasa mereka.

Sementara untuk pertimbangan kualitas, beberapa toko independen menggunakan suku cadang berkualitas tinggi dan mempekerjakan teknisi yang terampil. Pemeriksaan keandalan dan keahlian mereka sangat penting. Cari toko dengan ulasan pelanggan yang positif, sertifikasi dari organisasi terkemuka, dan informasi garansi yang transparan.

4. Layanan perbaikan online

4 Tempat yang direkomendasikan untuk mengganti baterai iPhone yang rusak foto: freepik

Beberapa pengecer online dan layanan perbaikan menawarkan opsi pengiriman melalui pos untuk penggantian baterai iPhone. Ini bisa nyaman, terutama di lokasi terpencil, dan memungkinkan perbandingan harga di antara berbagai penyedia.

Namun ospi ini juga memiliki potensi risiko. Mengirim ponsel melalui pos bisa berisiko. Pastikan penyedia layanan memiliki rekam jejak yang terbukti, opsi pengemasan yang aman, dan saluran komunikasi yang jelas.

Meskipun beberapa layanan online dapat diandalkan, berhati-hatilah terhadap mereka yang menawarkan harga yang sangat rendah, karena mereka mungkin menggunakan suku cadang berkualitas lebih rendah atau tidak memiliki keahlian untuk perbaikan yang tepat.

Memilih opsi yang tepat

Pertimbangkan faktor-faktor ini saat memutuskan di mana kamu harus mengganti baterai iPhone.

Biaya

Anggaran menjadi pertimbangan utama. AASP dan Apple Store biasanya memiliki biaya yang lebih tinggi, sementara toko independen dan layanan online menawarkan kisaran harga yang relatif lebih murah.

Kenyamanan

Lokasi, ketersediaan janji temu, dan kemudahan layanan secara keseluruhan memainkan peran penting.

Keandalan

Prioritaskan toko yang menggunakan suku cadang asli atau berkualitas tinggi dan mempekerjakan teknisi yang terampil. Cari ulasan pelanggan yang positif, sertifikasi, dan informasi garansi yang jelas.

Garansi

Pastikan penyedia layanan yang dipilih menawarkan garansi atas pekerjaan mereka, biasanya berkisar antara 30 hari hingga 90 hari.

(brl/red)