Begini cara mengatur menu tampilan yang akan meningkatkan daya tahan baterai laptop

Begini cara mengatur menu tampilan yang akan meningkatkan daya tahan baterai laptop

Techno.id - Jika kamu selalu bekerja di rumah atau di kantor, mungkin tidak perlu khawatir baterai laptop akan habis. Namun, lain lagi jika kamu adalah tipe orang yang suka bekerja remote di berbagai tempat atau suka traveling. Mungkin kamu tidak selalu memiliki akses ke sumber listrik.

Saat ini memang banyak laptop yang menawarkan daya tahan baterai lebih dari 10 jam. Cukup untuk kamu bekerja sepanjang hari. Namun, jika kamu memiliki laptop yang lebih tua, baterainya mungkin tidak bertahan lama. Karena itu kamu harus selalu mencolokkan pengisi daya setelah beberapa jam penggunaan.

Namun sebenarnya ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk menghemat masa pakai baterai laptop. Misalnya, menutup aplikasi yang boros sumber daya saat sedang tidak digunakan.

Begini cara mengatur menu tampilan yang akan meningkatkan daya tahan baterai laptop foto: unsplash/dell

Kamu juga dapat menghentikan aplikasi dan situs web agar tidak mengirimkan notifikasi yang juga menyedot energi baterai. Kamu juga bisa mematikan pembaruan aplikasi otomatis. Kamu juga harus memastikan menggunakan laptop di atas permukaan yang datar dan keras untuk mencegah panas berlebih.

Selain itu menurunkan kecerahan layar juga dapat membantu menghemat masa pakai baterai. Namun pengaturan yang lebih penting untuk diubah adalah durasi batas waktu layar.

Mematikan layar secara otomatis setelah 60 detik ketika tidak ada aktivitas sangat membantu untuk membuat baterai laptop bertahan lebih lama. Berikut cara mengatur durasi batas waktu layer di Mac atau laptop dengan sistem operasi Windows.

(brl/red)