Cara memperbaiki tombol Fn yang tidak berfungsi di keyboard

Cara memperbaiki tombol Fn yang tidak berfungsi di keyboard

Techno.id - Mungkin banyak dari kamu yang masih bingung apa sih fungsi tombol Fn (Function) di keyboard laptop. Tombol ini memiliki banyak fungsi lho. Sangat berguna untuk memberi cara yang lebih cepat dan lebih mudah bagi pengguna mengontrol beberapa fitur perangkat keras.

Dengan menggunakan tombol Fn, pengguna dapat menyesuaikan kecerahan layar, mengontrol volume speaker, atau mengaktifkan dan menonaktifkan mode pesawat, dan masih banyak lagi.

Namun, terkadang tombol ini tidak berfungsi dan kamu harus membuka Action Center atau Pengaturan setiap kali perlu menyesuaikan pengaturan komputer. Jika hal ini terjadi berikut cara memperbaiki tombol Fn yang tidak berfungsi.

1. Pastikan tombol Fn tidak terkunci

Cara memperbaiki tombol Fn yang tidak berfungsi di keyboard foto: techno.id/yani andriyansyah

Sering kali, tombol Fn berhenti berfungsi karena pengguna tidak sengaja menekan tombol kunci Fn. Tombol kunci Fn juga memengaruhi tombol sakelar lain seperti Caps Lock atau Num Lock sehingga mudah untuk mengetahui apakah tombol Fn terkunci.

Pada keyboard, cari tombol Fn, F lock, atau F Mode. Tergantung pada laptop kamu. Tekan satu kali atau tekan dan tahan selama beberapa detik. Jika tidak berhasil, tekan tombol Fn dan Esc secara bersamaan.

2. Bersihkan keyboard dari kotoran dan debu

Cara memperbaiki tombol Fn yang tidak berfungsi di keyboard foto: freepik.com

Jika tombol Fn tertentu masih berfungsi, mungkin ini merupakan tanda untuk membersihkan keyboard. Menumpuknya debu dan kotoran dapat menyebabkan tpmbol Fn tidak berfungsi seperti biasa. Jika kamu cukup paham, dapat membersihkan laptop sendiri selama memiliki alat yang tepat. Selain itu, jika kamu telah menyambungkan keyboard ke komputer, cobalah perbaikan cepat berikut ini.

1. Lepaskan dan sambungkan kembali keyboard.

2. Untuk keyboard Bluetooth, lepaskan baterai, tunggu beberapa menit, dan sambungkan kembali.

3. Sambungkan keyboard kamu ke komputer lain dan periksa apakah tombol Fn sudah berfungsi.

3. Jalankan pemecah masalah perangkat keras dan perangkat

Cara memperbaiki tombol Fn yang tidak berfungsi di keyboard foto: techno.id/yani andriyansyah

Pada versi Windows yang lebih lama, kamu dapat mengakses Hardware and Devices Troubleshooter (pemecah masalah perangkat keras dan perangkat) melalui Control Panel. Berikut ini adalah cara melakukannya.

1. Pada bilah pencarian menu Start,ketik command prompt (cmd).

2. Ketik msdt.exe -id DeviceDiagnostic.

3. Tekan Enter. Ini akan memunculkan pemecah masalah Perangkat Keras dan Perangkat. Pada jendela berikutnya, klik Next untuk memulai proses pemecahan masalah.

(brl/red)