Cara menghapus file untuk mengosongkan penyimpanan di Chromebook, mudah dan nggak ribet

Cara menghapus file untuk mengosongkan penyimpanan di Chromebook, mudah dan nggak ribet

Techno.id - Meskipun Chromebook secara khusus dirancang untuk bekerja dengan internet, namun pengguna masih dapat bekerja dengan file lokal. Seperti halnya komputer lain, pengguna harus menghapus file sesekali. Untungnya, menghapus file di Chromebook itu mudah.

File apa saja yang bisa dihapus di Chromebook?

Cara menghapus file untuk mengosongkan penyimpanan di Chromebook, mudah dan nggak ribet foto: google

ChromeOS dilengkapi dengan program manajemen file yang secara imajinatif diberi nama Files. Program ini mirip dengan File Explorer di Windows atau Finder di macOS. Program ini memungkinkan pengguna melihat dan mengelola file yang tersimpan di penyimpanan lokal dan penyimpanan eksternal seperti stik USB atau kartu SD, dan di lingkungan pengembangan Linux jika pengguna telah menginstalnya.

Pengguna mungkin melihat pintasan ke berbagai jenis file seperti gambar atau video, tetapi tidak dapat menghapusnya. Pengguna hanya dapat menghapus file yang dibuka secara langsung dari File Saya atau pada penyimpanan yang dapat dipindahkan.

Menghapus file di Chromebook

Cara menghapus file untuk mengosongkan penyimpanan di Chromebook, mudah dan nggak ribet foto:makeuseof

1. Untuk menghapus file, navigasikan ke file tersebut lalu pilih file dengan kedua jari di trackpad atau klik kanan untuk membuka menu konteks.

2. Untuk memindahkan file ke Sampah, pilih Pindahkan ke Sampah atau tekan Alt + Backspace.

3. Jika file berada di penyimpanan yang dapat dipindahkan seperti drive USB atau kartu SD, pengguna hanya dapat menghapus file tersebut. Untuk melakukannya, pilih file tersebut dan klik kanan untuk membuka menu, lalu pilih Hapus atau tekan Ctrl + Alt + Backspace.

4. Pengguna juga dapat menghapus beberapa item dengan menahan tombol Ctrl dan mengkliknya. Untuk memilih rentang file yang terus menerus, tahan terus tombol Shift sambil mengklik.

Memulihkan file dari sampah di Chromebook

Cara menghapus file untuk mengosongkan penyimpanan di Chromebook, mudah dan nggak ribet foto:makeuseof

Pengguna memiliki waktu 30 hari untuk memulihkan file dari Sampah sebelum file tersebut dihapus secara permanen. Begini cara memulihkan file dari ketranjang sampah di Chromebook.

1. Pilih file di Sampah dan pilih Pulihkan dari sampah atau gunakan kombinasi tombol Alt + Backspace.

2. Pengguna juga dapat menghapus file secara permanen dengan mengklik Kosongkan sampah sekarang di bagian atas layar, atau menghapus masing-masing file dengan mengklik kanan dan memilih Hapus file atau Ctrl + Alt + Backspace.

Begitulah cara mudah menghapus dan memulihkan file di aplikasi File di Chromebook. Cara kerjanya mirip dengan pengelola file di sistem operasi lain. Jika pengguna merasa perlu menghapus file sejak awal, kemungkinan besar hal tersebut dilakukan arena kehabisan ruang penyimpanan. Untungnya, mudah untuk menambahkan bentuk penyimpanan lain ke Chromebook, baik lokal maupun di cloud.

(brl/red)