9 Penyebab ponsel cerdas kamu panas saat diisi daya, hindari menggunakan charger abal-abal

9 Penyebab ponsel cerdas kamu panas saat diisi daya, hindari menggunakan charger abal-abal

9 Penyebab baterai panas saat isi daya

6. Bug aplikasi sistem

9 Penyebab ponsel cerdas kamu panas saat diisi daya, hindari menggunakan charger abal-abal foto: freepik/rawpixel.com

Saat kamu menginstal pembaruan OS baru dalam versi beta, mungkin masih ada beberapa bug yang belum diperbaiki. Akibatnya, sistem dapat mengalami kegagalan fungsi dan sering menyebabkan crash dan error.

Meskipun ini biasanya tercermin sebagai masalah perangkat lunak, terkadang dapat berakhir pada perangkat keras. Misalnya, jika aplikasi kamera sistem bermasalah, kamu akan merasakan kamera di bagian belakang lebih panas dari biasanya.

7. Membiarkan pada suhu panas

9 Penyebab ponsel cerdas kamu panas saat diisi daya, hindari menggunakan charger abal-abal foto: freepik/user16766420

Jika kamu membiarkan ponsel terkena sinar matahari, ponsel akan menyerap panasnya. Ponsel akan gagal mendingin ke suhu yang diperlukan saat berada di bawah cahaya langsung. Jadi, mengisi daya ponsel bukanlah ide yang baik jika suhu pengoperasian sudah cukup panas.

8. Casing ponsel berkualitas buruk

9 Penyebab ponsel cerdas kamu panas saat diisi daya, hindari menggunakan charger abal-abal foto: freepik/denisw

Sudah ditetapkan bahwa pengisian daya menghasilkan panas pada baterai ponsel. Perusahaan merancang ponsel untuk mengeluarkan panas itu melalui pembuangan panas. Tetapi jika kamu menutupinya dengan casing ponsel, kemungkinan besar casing tersebut tidak mengeluarkan semua panas dengan baik. Panas yang terperangkap di antara bodi ponsel dan casing mungkin tidak keluar dan menyebabkan perangkat menjadi panas.

9. Baterai pengganti berkualitas rendah

9 Penyebab ponsel cerdas kamu panas saat diisi daya, hindari menggunakan charger abal-abal foto: freepik/vladyslavhoroshevych

Kondisi ini hanya berlaku untuk ponsel setelah kamu mengganti baterainya. Jika baterai baru tidak dibeli dari produsen resmi, kamu mungkin mendapatkan produk yang kurang optimal. Kamu bahkan akan mendapatkan baterai baru yang tidak bertahan lama, dan baterai menjadi panas saat diisi daya.

(brl/red)