Jajaran iPhone 16 akan memiliki tombol baru yang dikabarkan meniru fungsionalitas kamera kelas atas

Jajaran iPhone 16 akan memiliki tombol baru yang dikabarkan meniru fungsionalitas kamera kelas atas

Techno.id - Apple saat ini sedang menyiapkan jajaran iPhone 16 yang dikabarkan bakal menambahkan satu tombol baru yang disebut Capture Button. Apa fungsinya? Keberadaan Capture Button pada model iPhone 16 pertama kali diungkapkan MacRumors tahun lalu. Mark Gurman dari Bloomberg mengatakan bahwa Capture Button akan dapat merekam video.

Selain itu tombol ini akan menambahkan fitur seperti kemampuan untuk memperbesar dan memperkecil dengan menggeser ke kiri dan kanan pada tombol, dan fokus pada subjek dengan menekan ringan.

Sekarang, pengguna Weibo (@Instant Digital) mengungkapkan bahwa fungsi utama Capture Button adalah untuk memicu pengambilan gambar atau video. Ketika ditekan secara ringan akan memungkinkan pengguna menyesuaikan fokus.

Jajaran iPhone 16 akan memiliki tombol baru yang dikabarkan meniru fungsionalitas kamera kelas atas foto: macrumors

Fungsi ini secara efektif sama dengan sebagian besar DSLR dan kamera mirrorless, di mana tombol rana memiliki dua tahap, menekan setengah akan mengunci fokus atau eksposur dan menekan sepenuhnya untuk mengambil foto. Tak pelak, dengan fungsi tombol baru ini, tampaknya Apple memperkuat poros iPhone ke arah fotografi.

Pada tampilan awal prototipe iPhone 16, Capture Button akan berada di sisi kanan bawah iPhone 16. Ini akan menggantikan antena mmWave pada model iPhone di Amerika Serikat (AS). Kabarnya posisi antena mmWave akan dipindahkan ke sisi kiri perangkat di bawah tombol volume dan Action Button. Sementara untuk model iPhone non-AS tidak memiliki antena mmWave yang perlu direlokasi untuk mengakomodasi Capture Button.

Artinya Apple berencana meletakkan Capture Button di sisi kanan iPhone, yang terletak di bawah tombol daya dan di tempat yang ideal untuk akses jari saat iPhone dipegang dalam orientasi horizontal. Apple optimistis tombol baru tersebut akan menjadi nilai jual utama untuk jajaran iPhone 16, dan sedang diperkenalkan untuk lebih mendorong iPhone sebagai alternatif kamera untuk merekam video horizontal.

(brl/red)