6 Gejala baterai iPhone kamu harus segera diganti, waspada jika sering terlalu panas

6 Gejala baterai iPhone kamu harus segera diganti, waspada jika sering terlalu panas

Techno.id - Kondisi baterai iPhone akan tetap bagus biasanya sekitar dua tahun penggunaan, atau terkadang bahkan lebih lama. Tapi bagaimana kamu tahu kapan harus mengganti baterai iPhone?

Ya, masa pakai rata-rata baterai iPhone adalah dua hingga tiga tahun, tetapi dapat bervariasi tergantung pada sejumlah faktor. Salah satu faktor utama yang memengaruhi masa pakai baterai adalah seberapa sering kamu menggunakan iPhone.

Penggunaan iPhone yang sering dan intens membebani baterai dan mengurangi masa pakainya apalgi jika kamu sering terlibat dalam tugas berat prosesor, seperti bermain game, streaming video, atau menggunakan aplikasi navigasi, menghabiskan lebih banyak daya dan menghabiskan baterai lebih cepat.

Selain itu, menggunakan aplikasi yang memerlukan daya pemrosesan signifikan atau aktivitas latar belakang terus-menerus menggunakan lebih banyak daya baterai dan dapat menguras baterai lebih cepat.

Jangan lupa bahwa praktik pengisian daya yang tidak tepat juga dapat memperpendek masa pakai baterai iPhone secara drastis. Hindari pengisian daya yang berlebihan, membiarkan iPhone kamu tetap terhubung dalam waktu lama, dan menggunakan pengisi daya yang tidak kompatibel untuk mencegah penurunan daya baterai secara dini.

Dalam artikel ini, Techno.id akan mengeksplorasi beberapa faktor utama atau gejala yang menunjukkan sudah waktunya kamu untuk mengganti baterai iPhone kesayangan.

1. Baterai yang bengkak

6 Gejala baterai iPhone kamu harus segera diganti, waspada jika sering terlalu panas foto: freepik/vladyslavhoroshevych

Salah satu tanda paling jelas bahwa baterai iPhone kamu perlu diganti adalah jika terlihat bengkak. Ini dapat terjadi karena beberapa alasan, termasuk pengisian daya iPhone yang berlebihan, kerusakan baterai secara fisik, atau sekadar penuaan.

Baterai yang membengkak dapat menyebabkan casing iPhone menonjol atau melengkung, terutama di sekitar panel belakang. Permukaan iPhone mungkin juga terasa tidak rata atau sedikit licin saat ditekan, menandakan baterai membengkak di bawahnya. Dalam kasus yang parah, tekanan dari baterai yang membengkak dapat memaksa layar terpisah dari bingkai iPhone.

Jika kamu melihat baterai iPhone bengkak, segera hentikan penggunaan. Bawa iPhone ke Apple Store atau Penyedia Layanan Resmi Apple untuk penggantian baterai. Ingat, mengabaikan masalah ini dapat menyebabkan kerusakan lebih lanjut atau bahkan membahayakan integritas struktural perangkat.

2. Masa pakai baterai menurun drastis

6 Gejala baterai iPhone kamu harus segera diganti, waspada jika sering terlalu panas foto: freepik/eyeem

iPhone ditenagai baterai lithium-ion (Li-ion). Tidak seperti teknologi baterai yang lebih lama, baterai Li-ion menawarkan masa pakai yang lebih lama dan waktu pengisian yang lebih cepat. Namun, baterai Li-ion memiliki masa pakai yang terbatas.

Seiring waktu dan penggunaan berulang, baterai iPhone akan kehilangan kemampuan untuk menahan dan melepaskan energi secara efisien. Hasilnya, kamu akan melihat penurunan masa pakai baterai yang signifikan.

Itu sebabnya baterai iPhone, yang dulu bertahan sepanjang hari, sekarang hampir tidak dapat bertahan selama beberapa jam. Kamu juga perlu mengisi daya iPhone beberapa kali sehari, bahkan dengan penggunaan sedang.

Indikator persentase baterai iPhone juga dapat turun sangat cepat, bahkan saat melakukan tugas-tugas dasar. Dalam situasi ekstrem, iPhone kamu mungkin hanya berfungsi saat dicolokkan ke sumber listrik. Jadi, jika kamu mengalami salah satu dari masalah tersebut, itu pertanda masa pakai baterai kamu sangat menurun, dan kamu harus mempertimbangkan untuk menggantinya.

3. Kesehatan baterai kurang dari 80%

6 Gejala baterai iPhone kamu harus segera diganti, waspada jika sering terlalu panas foto: tangkapan layar/techno.id/yani andriyansyah

Ini adalah cara yang jelas untuk menentukan apakah kamu perlu mengganti baterai atau tidak. Menurut Apple, jika kesehatan baterai lebih dari 80%, kamu memiliki baterai yang sehat.

Untuk memeriksa kesehatan baterai iPhone, navigasikan ke Pengaturan > Baterai > Kesehatan Baterai & Pengisian Daya. Nilai "Kapasitas Maksimum" yang ditampilkan menunjukkan kapasitas baterai yang tersisa relatif terhadap kapasitas aslinya. Jika nilai ini kurang dari 80%, pertimbangkan untuk mengganti baterai untuk kinerja yang lebih baik dan masa pakai perangkat yang lebih lama.

Kamu juga akan melihat pesan baterai penting di bagian atas layar yang memperingatkan Anda untuk membawa ponsel Anda ke Penyedia Layanan Resmi Apple untuk penggantian baterai.

(brl/red)