9 Gejala iPhone rusak karena air, pengisian daya baterai jadi tidak stabil

9 Gejala iPhone rusak karena air, pengisian daya baterai jadi tidak stabil

Techno.id - Sejak peluncuran iPhone 7, Apple menyematkan ketahanan air dan debu minimal IP67. Artinya, iPhone 7 dan yang lebih baru tahan debu dan setidaknya 30 menit di air sedalam satu meter. Namun apakah iPhone benar-benar tahan air? Tunggu dulu.

Sebagai pengguna iPhone, kamu harus tetap waspada mengenai kerusakan yang disebabkan air. Berikut beberapa gejala iPhone yang rusak karena air yang berhasil dirangkum Techno.id dari berbagai sumber.

1. Kamera berkabut

9 Gejala iPhone rusak karena air, pengisian daya baterai jadi tidak stabil foto: freepik/fotodinero

Salah satu hal pertama yang harus kamu lakukan untuk mengetahui ponsel dari segala jenis kerusakan adalah memeriksa kameranya. Sebab, perangkat keras ini sensitif dan mudah terpengaruh goresan, tetesan, dan air.

Saat masuk ke kamera, air dapat mengaburkan lensa dan memengaruhi kualitas gambar. Terutama kamera depan yang sangat rentan terhadap kerusakan.

Jika kamu menggunakan kamera iPhone dan gambar yang dihasilkan seperti berkabut, maka itu mungkin rusak karena air. Jika kamu melihat foto sepertiitu, matikan ponsel dan keringkan secara menyeluruh.

2. ID wajah atau ID sentuh tidak berfungsi

9 Gejala iPhone rusak karena air, pengisian daya baterai jadi tidak stabil foto: freepik/pressfoto

Fitur keamanan biometrik Apple adalah salah satu fitur yang bisa hilang saat iPhone terendam air. Face ID berfungsi menggunakan sistem kamera TrueDepth yang disematkan di notch atau Dynamic Island.

Meskipun kamera depan kamu mungkin kering, dan kualitas gambar mungkin kembali seperti semula, ID Wajah tetap tidak tersedia. Kamu dapat mencoba memperbaiki ID Wajah di iPhone, tetapi cara terbaik adalah membawa ke ahlinya sesegera mungkin.

Demikian juga, Touch ID dapat terpengaruh secara negatif karena air jika terlepas dari sisi tombol Beranda dan masuk ke sensor. Ini kecil kemungkinannya terjadi jika kamu menggunakan iPhone 7 atau 8, tetapi masih mungkin terjadi jika ponsel jatuh ke air yang sangat kotor.

3. Tombol bermasalah

9 Gejala iPhone rusak karena air, pengisian daya baterai jadi tidak stabil foto: freepik/zaozaa09

Air kotor seringkali mengandung segala macam partikel yang dapat masuk ke celah-celah kecil dan menghalangi fungsi tombol iPhone. Jika kamu memerhatikan bahwa tombol-tombol iPhone terasa macet, mengeluarkan suara kasar, atau tidak merespons, maka kamu mungkin memegang iPhone yang rusak karena air.

4. Terdapat bercak di layar

9 Gejala iPhone rusak karena air, pengisian daya baterai jadi tidak stabil foto: freepik/nensuria

Air juga dapat memengaruhi tampilan layar dan membuat seperti tambalan permanen. Kamu mungkin melihat tanda-tanda air di bawah layar terlebih dahulu sebelum perlahan-lahan membentuk bercak hitam, membuat area yang terkena menjadi lebih redup.

Setelah kamu melihat tanda-tanda air di bawah layar, keringkan perangkat dan cadangkan semua data iPhone kamu. Apa pun yang kamu lakukan, jangan memasukkannya ke dalam beras karena mitos itu dapat mempercepat masalah semakin rumit. Jika masih ada titik gelap setelah ponsel kering, kamu mungkin perlu mengganti layar.

5. Layar sentuh rusak dan tampilan berkedip-kedip

9 Gejala iPhone rusak karena air, pengisian daya baterai jadi tidak stabil foto: freepik

Ini jarang terjadi pada iPhone, tetapi jika kamu tidak melihat retakan pada layar, namun fungsi sentuh ponsel tampak tidak responsif sebagian atau seluruhnya, bisa jadi air telah memengaruhi sebagian layar. Kamu mungkin juga mengalami masalah "ghost touch", yang berarti layar ponsel berfungsi dengan sendirinya.

Jika kamu melihat layar ponsel berkedip-kedip, ini adalah tanda-tanda iPhone yang rusak karena air. Jika modul tampilan ponsel terkena air, kamu harus membawanya penyedia layanan resmi Apple untuk mengganti bagian layar tersebut.

(brl/red)