iPhone kamu mengalami masalah ghost touch? Begini 10 cara yang bisa dicoba untuk memperbaikinya

iPhone kamu mengalami masalah ghost touch? Begini 10 cara yang bisa dicoba untuk memperbaikinya

Techno.id - Mungkin kamu mengalami iPhone milikmu bereaksi sendiri tanpa disentuh. Tiba-tiba perangkat membuka aplikasi atau tindakan apapun, padahal kamu sama sekali tidak menyentuh layarnya. Kondisi tersebut bisa menjadi indikasi bahwa iPhone kamu terkena masalah ghost touch.

Masalah ghost touch paling sering dialami iPhone X. Namun, masalah ini juga bisa terjadi pada model iPhone yang lebih baru. Artinya, ghost touch adalah masalah yang dapat dialami model iPhone mana pun.

Nah jika kamu mengalami masalah tersebut, jangan panik. Berikut beberapa beberapa perbaikan cepat untuk mengatasi masalah ghost touch di iPhone.

1. Bersihkan layar sentuh

iPhone kamu mengalami masalah ghost touch? Begini 10 cara yang bisa dicoba untuk memperbaikinya foto: freepik

Ini mungkin terdengar sederhana, tetapi membersihkan layar sentuh iPhone bisa menjadi solusi efektif mengatasi ghost touch. Bersihkan layar dari kotoran atau debu yang menyebabkan iPhone mengira kamu sedang menyentuh layar.

Untuk membersihkan layar iPhone, matikan terlebih dahulu dan cabut semua kabel. Selanjutnya, kamu harus mencari kain yang lembut dan bersih, seperti kain yang tidak berbulu untuk membersihkan kacamata. Kamu harus sedikit membasahi kain tersebut dengan air. Mulailah membersihkan layar sentuh dengan menyeka secara lembut namun kuat dari satu ujung ke ujung lainnya.

Saat menyeka layar, pastikan kamu tidak memasukkan uap air ke dalam lubang apa pun. Apple menyarankan untuk menghindari cairan pembersih jendela rumah atau pembersih yang mengandung bahan abrasif atau hidrogen peroksida, karena dapat mengikis lapisan tahan minyak yang dipasang Apple di layar iPhone.

2. Lepaskan pelindung layar

iPhone kamu mengalami masalah ghost touch? Begini 10 cara yang bisa dicoba untuk memperbaikinya foto: freepik/nitayuko

Pelindung layar adalah lapisan tipis kaca atau plastik yang ditempelkan pada layar sentuh iPhone untuk melindungi dari goresan atau retak. Meskipun sering kali berguna, namun dapat mengganggu pengoperasian layar sentuh jika kualitasnya buruk.

Oleh karena itu, kamu harus mencoba melepas pelindung layar untuk melihat apakah cara tersebut dapat memperbaiki masalah ghost touch. Lepaskan pelindung layar iPhone dengan sangat hati-hati dan perlahan. Mulailah dari salah satu sudut, lalu lepaskan pelindung dari layar iPhone secara bertahap.

Jika pelindung telah retak atau rusak sama sekali, mungkin lebih aman membawa iPhone kamu ke layanan sevice resmi Apple. Jangan lupa untuk membersihkan layar lagi setelah melepas pelindung layar.

3. Lepaskan casing iPhone

iPhone kamu mengalami masalah ghost touch? Begini 10 cara yang bisa dicoba untuk memperbaikinya foto: freepik/kamranaydinov

Layar yang sedikit bengkok adalah kemungkinan penyebab lain dari masalah ghost touch pada iPhone. Jika iPhone memiliki masalah seperti itu dengan layarnya, kamu mungkin dapat menyelesaikan masalah tersebut dengan menghapus hard case apa pun yang kamu gunakan. Terkadang, hard case dapat memutar layar, dan casing ini juga dapat terpuntir setelah terjatuh secara tidak sengaja. Karena itu, ada baiknya mencoba melepas hard case jika iPhone kamu memakainya.

4. Pertahankan kebiasaan pengisian daya yang baik

iPhone kamu mengalami masalah ghost touch? Begini 10 cara yang bisa dicoba untuk memperbaikinya foto: freepik/rawpixel.com

Apakah kamu sering menunda pengisian daya iPhone hingga persentase baterai turun menjadi satu digit? Atau mungkin kamu sering membiarkan baterai mati, dan iPhone tidak punya pilihan selain mati sendiri.

Kebiasaan pengisian daya yang buruk juga dapat menyebabkan masalah ghost touch pada iPhone. Oleh karena itu, sebaiknya colokkan iPhone untuk mengisi daya sebelum baterai turun lebih rendah dari 20 persen. Pertimbangkan untuk menerapkan kebiasaan pengisian daya ponsel cerdas yang direkomendasikan.

5. Jauhkan iPhone dari permukaan yang dingin

iPhone kamu mengalami masalah ghost touch? Begini 10 cara yang bisa dicoba untuk memperbaikinya foto: freepik/flatart

Meskipun Apple menyatakan bahwa iPhone berfungsi dengan baik pada suhu sekitar antara nol hingga 35 derajat Celcius, sebaiknya hindari meninggalkannya di permukaan yang dingin untuk waktu yang lama.

Misalnya, jika kamu biasa meletakkan iPhone di lantai keramik di samping tempat tidur. Saat pendingin udara (AC) di kamar kamu menyala sepanjang malam, lantai keramik secara alami menjadi lebih dingin. Jika kamu sering melakukan hal tersebut, maka tidak menutup kemungkinan iPhone mengalami masalah ghost touch.

(brl/red)