9 Cara menghemat baterai laptop biar tetap awet, nonaktifkan fitur yang tidak perlu

9 Cara menghemat baterai laptop biar tetap awet, nonaktifkan fitur yang tidak perlu

Cara merawat baterai laptop

5. Keluarkan disk

9 Cara menghemat baterai laptop biar tetap awet, nonaktifkan fitur yang tidak perlu foto:freepik/pakhnyushchyy

Jika laptop kamu memiliki pemutar disk, jangan pernah membiarkan disk selalu berada di dalamnya. Karena saat laptop dinyalakan, maka pemutar disk tersebut akan menyedot daya baterai. Karena itu selalu keluarkan disk dari dalam laptop.

6. Nonaktifkan fitur yang tidak perlu

Jika kamu menjalankan Windows 10, laptop tersebut memiliki banyak fungsi bawaan yang berguna namun tidak semuanya kamu perlukan. Banyak fitur yang dapat menguras baterai secara tidak perlu. Solusi terbaik untuk membuat baterai hemat adalah dengan menonaktifkan fitur-fitur yang mengganggu baterai laptop.

7. Jaga agar baterai tetap dingin

9 Cara menghemat baterai laptop biar tetap awet, nonaktifkan fitur yang tidak perlu foto:freepik/user16766420

Hal yang paling bermasalah untuk baterai laptop adalah panas. Sebab panas dapat merusak baterai, Ini juga yang seting menjadi penyebab laptop mati tiba-tiba.

Usahakan saat menggunakan laptop diletakkan pada bidang datar. Jangan pernah memakai laptop di atas tempat tidur atau media yang dapat menutupi lubang sirkulasi untuk mengeluarkan panas dari laptop.

8. Jangan terlalu sering mengisi daya baterai

9 Cara menghemat baterai laptop biar tetap awet, nonaktifkan fitur yang tidak perlu foto: unsplash/panos sakalakis

Usahakan tidak terlalu sering mengisi daya, apalagi sampai menyolok catu daya listrik dari PLN secara terus menerus. Hal ini dapat memengaruhi kondisi baterai.

Solusinya adalah mengisi daya jika kurang dari 20%. Hal ini akan memungkinkan kamu mempertahankan masa pakai baterai selama bekerja. Lebih baik lagi, isi daya laptop setelah kamu menyelesaikan pekerjaan atau jika baterai hampir habis. Selain itu, jika baterai selalu dalam kondisi 100%, hal ini dapat mengganggu daya baterai laptop.

9. Matikan bluetooth

Cara lain untuk menghemat baterai laptop adalah mematikan Bluetooth. Semakin banyak fitur yang aktif maka akan semakin mengganggu masa pakai baterai.

(brl/red)