6 Cara memperbaiki layar MacBook yang berkedip, mulai dari software sampai perangkat keras

6 Cara memperbaiki layar MacBook yang berkedip, mulai dari software sampai perangkat keras

Techno.id - MacBook Apple adalah laptop yang dapat diandalkan, berkat kombinasi perangkat keras dan pembaruan perangkat lunak. Konfigurasi tersebut membuat perangkat ini tahan banting untuk digunakan bertahun-tahun. Namun, seperti halnya perangkat elektronik lain, MacBook juga dapat mengalami masalah perangkat keras.

Salah satu masalah yang sering dihadapi adalah layar yang berkedip. Dalam beberapa kasus, masalah yang muncul bisa berupa kedipan kecil, hanya terlihat saat menggunakan aplikasi tertentu.

Tapi dalam kasus lain, kedipan merupakan masalah yang lebih serius. Bisa mendistorsi gambar di layar dengan garis vertikal dan membuat laptop sulit digunakan. Meskipun layar berkedip-kedip bisa jadi merupakan masalah perangkat keras, namun tidak menutup kemungkinan juga disebabkan perangkat lunak. Kamu bisa mencoba memperbaikinya sebelum dibawa ke tempat servis. Berikut 6 cara mengatasinya.

1. Mulai ulang dan perbarui perangkat

6 Cara memperbaiki layar MacBook yang berkedip, mulai dari software sampai perangkat keras foto: unsplash/luke southern

Ini mungkin menjadi solusi sederhana. Memulai ulang MacBook dapat memperbaiki banyak masalah, termasuk layar berkedip yang disebabkan program, aplikasi, atau kesalahan pada perangkat lunak. Saat perangkat kamu dimatikan dan dihidupkan kembali, proses latar belakang akan dimatikan, dan sistem akan dimulai lagi dari awal.

Untuk menyalakan ulang MacBook, tekan dan tahan tombol daya hingga mati, lalu tekan lagi untuk menyalakannya. Cara lain, klik menu Apple dan pilih Restart. Pastikan untuk menyimpan pekerjaan yang sedang kamu buat sebelum memulai ulang.

Jika cara ini tidak menyelesaikan masalah, ada baiknya kamu memeriksa apakah ada pembaruan perangkat lunak yang tersedia untuk Mac kamu sebelum mencoba solusi lain. Berikut cara melakukannya.

1. Klik menu Apple.

2. Pilih Pengaturan Sistem.

3. Klik Umum di bar samping.

4. Klik Pembaruan Perangkat Lunak.

5. Jika pembaruan perangkat lunak tersedia, klik Perbarui Sekarang.

Sebaiknya kamu juga memeriksa apakah ada aplikasi yang perlu diperbarui, terutama jika layar hanya berkedip saat menggunakan aplikasi tertentu. Ikuti langkah-langkah berikut untuk memeriksa pembaruan aplikasi.

1. Buka App Store di Mac kamu.

2. Klik Pembaruan di bar samping.

3. Klik Perbarui di samping masing-masing aplikasi atau pilih Perbarui Semua untuk memperbarui semua aplikasi.

2. Matikan True Tone

6 Cara memperbaiki layar MacBook yang berkedip, mulai dari software sampai perangkat keras foto: unsplash/manthan gajjar

Teknologi tampilan True Tone Apple mengubah warna dan intensitas layar agar sesuai dengan cahaya sekitar. Hal ini membuat tampilan tampak lebih alami dalam kondisi pencahayaan yang berbeda.

Terkadang, True Tone dapat menyebabkan layar berkedip. Sebaiknya matikan True Tone untuk memeriksa apakah hal ini dapat mengatasi masalah tersebut. Berikut ini cara melakukannya di MacBook yang menjalankan macOS Ventura atau yang lebih baru.

1. Klik menu Apple di bagian atas layar.

2. Pilih Pengaturan Sistem.

3. Klik Tampilan di bilah sisi.

4. Matikan sakelar di samping True Tone.

Jika MacBook kamu menjalankan macOS versi lama, ikuti langkah berikut untuk menonaktifkan True Tone.

1. Klik menu Apple.

2. Klik Preferensi Sistem.

3. Pilih Tampilan.

4. Matikan True Tone.

Di Pengaturan Tampilan MacBook, kamu juga dapat mencoba beralih ke Profil Warna yang berbeda di menu menurun untuk melihat apakah itu membantu mengatasi masalah layar berkedip.

3. Menonaktifkan pengalihan grafis otomatis

6 Cara memperbaiki layar MacBook yang berkedip, mulai dari software sampai perangkat keras foto: apple

Beberapa model Intel MacBook Pro memiliki dua prosesor grafis, terintegrasi dan GPU terpisah. Model ini secara otomatis beralih di antara prosesor grafis berdasarkan aplikasi yang digunakan untuk mengoptimalkan kinerja dan bahkan meningkatkan masa pakai baterai.

Peralihan grafis otomatis diaktifkan secara default pada model ini, tetapi terkadang, peralihan di antara dua GPU dapat menyebabkan masalah kedipan layar.

Untuk mengatasinya, kamu dapat mencoba menonaktifkan fitur tersebut. Dengan melakukan hal ini, kamu akan menggunakan GPU diskrit setiap saat. Berikut ini cara mematikan peralihan grafis otomatis pada MacBook.

1. Klik menu Apple.

2. Pilih Pengaturan Sistem.

3. Klik Baterai di bilah sisi.

4. Hapus centang pada kotak di samping Peralihan grafis otomatis.

Jika opsi ini tidak terlihat di bawah pengaturan baterai, berarti model MacBook kamu tidak memiliki GPU terpisah dan menggunakan chip grafis terintegrasi dalam prosesor. Perlu dicatat bahwa Apple Silicon Mac tidak memiliki GPU terpisah, jadi ini hanya berlaku untuk model yang ditenagai Intel.

(brl/red)