10 Cara mempercepat Windows 11, bersihkan disk dan jangan lupa update sistem

10 Cara mempercepat Windows 11, bersihkan disk dan jangan lupa update sistem

Techno.id - Setelah banyak pembaruan dan peningkatan pada Windows 11, banyak pengguna yang memutakhirkan sistem pada perangkat komputer mereka. Namun beberapa di antaranya justru mengalami masalah kecepatan setelah pembaruan sistem tersebut.

Saat diaktifkan secara default, sejumlah opsi dan fungsi Windows dapat mengurangi kinerja PC secara signifikan. Jika kamu ingin mempercepat Windows 11, berikut Techno.id sajikan caranya.

1. Pengaturan Daya

Mulailah dengan mengubah pengaturan daya. Windows 11 menawarkan pilihan rencana daya yang disesuaikan dengan kebutuhan pengguna. Pilih rencana daya yang sesuai dengan penggunaan kamu, dengan opsi mulai dari mode hemat daya hingga kinerja tinggi. Dengan perubahan kecil ini, kamu akan melihat peningkatan instan daya komputer. Berikut cara mengubah pengaturan daya.

1. Klik kanan ikon baterai di bagian kanan bawah layar.

2. Klik Pengaturan Daya dan Tidur.

3. Gulir ke bawah hingga kamu melihat Mode Daya.

4. Pilih Kinerja Terbaik.

2. Nonaktifkan aplikasi startup

Ada beberapa aplikasi yang berjalan setiap kali kamu menyalakan komputer. Singkirkan semua aplikasi startup yang tidak dperlukan. Berikut ini adalah cara menyingkirkan aplikasi startup.

1. Tekan Win+I pada keyboard untuk membuka Pengaturan.

2. Pilih Aplikasi di menu sebelah kiri.

3. Gulir ke bawah hingga kamu melihat Startup.

4. Temukan aplikasi yang tidak kamu perlukan dan matikan satu per satu.

Kamu juga dapat menggunakan pengelola tugas untuk menyingkirkan aplikasi startup, dan untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah berikut.

1. Klik kanan pada bilah tugas.

2. Klik Pengelola tugas.

3. Buka bagian Startup di sisi kiri jendela Task Manager.

4. Klik Status untuk melihat aplikasi yang diaktifkan.

5. Klik salah satu yang ingin kamu nonaktifkan dan tekan tombol Nonaktifkan di bagian atas.

10 Cara mempercepat Windows 11, bersihkan disk dan jangan lupa update sistem foto: microsoft

3. Membersihkan disk

Seiring waktu, sistem pada perangkat kamu menumpuk file sampah yang dapat menurunkan kinerja. Windows 11 dilengkapi alat pembersih bawaan. Cukup cari Disk Cleanup di menu Start, pilih drive utama dan biarkan alat ini melakukan tugasnya. Menghapus file sementara, cache sistem, dan unduhan yang tidak perlu akan mengosongkan ruang dan membantu mempercepat kinerja komputer.

4. Tutup aplikasi yang tidak perlu

Terlalu banyak aplikasi yang terbuka secara bersamaan dapat memperlambat kinerja. Tutup aplikasi yang tidak kamu gunakan secara aktif. Kamu akan mengosongkan memori dan daya pemrosesan untuk tugas-tugas yang paling penting.

5. Tutup aplikasi baki sistem

Di sudut kecil pada layar komputer menyimpan banyak sekali proses latar belakang. Banyak di antaranya mungkin tidak kamu perlukan. Klik kanan pada ikon baki sistem dan tutup aplikasi yang tidak diperlukan. Hal ini akan meringankan beban sistem perangkat, sehingga sistem dapat beroperasi dengan lebih efisien.

(brl/red)