Cara menyulap laptop lama jadi Chromebook, prosesnya tidak sampai satu jam

Cara menyulap laptop lama jadi Chromebook, prosesnya tidak sampai satu jam

Techno.id - Kamu memiliki laptop lama dan sudah tidak digunakan? Jangan buru-buru membeli laptop baru sebagai pengganti. Laptop lama kamu itu masih bisa digunakan lho.

Kamu tinggal menyulap laptop berbasis Windows tersebut menjadi Chromebook. Dengan cara ini, kamu tidak hanya akan menghemat uang, tetapi beberapa laptop lama memiliki perangkat keras yang lebih baik daripada Chromebook.

Untuk beberapa kalangan, Chromebook cocok digunakan untuk menyelesaikan pekerjaan yang tidak terlalu membutuhkan perangkat dengan spesifikasi tinggi. Selain itu, menjalankan sistem operasi Windows bagi sebagian orang bukan merupakan pilihan yang tepat. Kompleksitasnya sering kali mempersulit pengguna yang mudah bingung dengan komputer.

Cara menyulap laptop lama jadi Chromebook,prosesnya tidak sampai satu jam foto: google

Di samping itu antarmuka Chromebook lebih sederhana. Tidak memerlukan manajemen driver dan tidak selalu meminta pembaruan sistem seperti Windows. Menariknya masalah malware di Chromebook juga relatif kecil.

Lebih penting lagi, Chromebook menjalankan sistem operasi ringan yang terasa cepat dan responsif pada perangkat keras yang lebih tua dan murah. Karena itu kamu bisa membuat Chromebook sendiri secara gratis dengan laptop lama.

Kamu hanya perlu menginstal varian ChromeOS di dalamnya. Prosesnya memakan waktu kurang dari satu jam, dan hasil akhirnya sering kali terasa lebih tajam daripada Chromebook orisinil.

Cara mengubah laptop menjadi Chromebook

Kamu bisa menggunakan ChromeOS Flex. Varian ChromeOS ini adalah versi pengembangan dari sistem operasi CloudReady milik Neverware yang didasarkan pada Chromium OS dengan kode sumber terbuka, persis dengan yang digunakan Google untuk membuat Chrome OS. Sekadar informasi, Google membeli Neverware pada Desember 2020. Nah berikut cara menyulap laptop lama menjadi Chromebook.

1. Periksa apakah laptop kamu memenuhi persyaratan

Cara menyulap laptop lama jadi Chromebook,prosesnya tidak sampai satu jam foto: pcworld

Seperti ChromeOS standar, persyaratan sistem ChromeOS Flex cukup minimal, meskipun menjadi lebih ketat dibandingkan sebelumnya. Laptop harus memiliki RAM 4GB (naik dari 2GB), penyimpanan 16GB, prosesor Intel atau AMD x86 64-bit, akses BIOS penuh, dan idealnya diproduksi setelah 2010.

Selain itu kamu perlu memeriksa model CPU, karena prosesor dengan perangkat keras grafis Intel Graphics Media Accelerator (GMA) 500, 600, 3600, atau 3650 tidak memenuhi standar kinerja ChromeOS Flex. Dengan kata lain, sistem ini tidak kompatibel pada prosesor Atom dari keluarga Silverthorne, Lincroft, dan Cedarview, yang ditemukan pada laptop kelas bawah antara tahun 2008 dan awal 2012. Skenario terbaik adalah menggunakan laptop dari daftar perangkat bersertifikat Google.

Jika laptop kamu memenuhi persyaratan perangkat keras tetapi tidak ada dalam daftar perangkat bersertifikasi, jangan khawatir. kamu bisa mencoba ChromeOS Flex dari flash drive yang akan kamu buat.

2. Siapkan flash drive untuk penginstalan

Cara menyulap laptop lama jadi Chromebook,prosesnya tidak sampai satu jam foto: pcworld

Untuk menginstal ChromeOS Flex, kamu membutuhkan drive USB minimal 8GB dan PC, Mac, atau Chromebook untuk membuat media instalasi. Prosesnya memakan waktu sekitar 20 menit.

ChromeOS Flex mengandalkan peramban Chrome dan ekstensi Chrome Recovery Utility untuk membuat media instalasi USB. Unduh dan instal ekstensi Chrome Recovery Utility, lalu verifikasi bahwa ekstensi telah diaktifkan. Klik ikon teka-teki jigsaw di samping bilah alamat, lalu ikon tiga titik di samping nama ekstensi, lalu Kelola ekstensi.

Selanjutnya, klik ikon ekstensi untuk memulai. Jika tidak terlihat, klik ikon teka-teki jigsaw, lalu ikon penekan di samping nama ekstensi.

Cara menyulap laptop lama jadi Chromebook,prosesnya tidak sampai satu jam foto: pcworld

Sebuah jendela akan muncul dengan tulisan Buat media pemulihan untuk Chromebook. Di layar Identifikasi Chromebook kamu, klik tautan Pilih model dari daftar, lalu pilih Google ChromeOS Flex untuk pabrikan dan ChromeOS Flex untuk model. Lanjutkan dengan proses instalasi. Alat ini akan membutuhkan waktu sekitar 15 menit untuk mengunduh dan menulis file yang diperlukan ke drive USB kamu.

(brl/red)