9 Cara menghemat baterai laptop biar tetap awet, nonaktifkan fitur yang tidak perlu

9 Cara menghemat baterai laptop biar tetap awet, nonaktifkan fitur yang tidak perlu

Techno.id - Kamu sering merasa baterai laptop cepat habis. Padahal kamu belum lama memakainya. Jika menghadapi kondisi tersebut, jangan buru-buru mengambil kesimpulan bahwa kamu harus segera mengganti baterai yang dianggap sudah drop.

Jangan-jangan selama ini cara pemakaian atau kebiasaan kamu menggunalan laptop yang justru kurang ramah baterai. Bisa jadi berbagai fitur yang menguras daya baterai dalam kondisi aktif, padahal kamu tidak terlalu membutuhkan fitur tersebut.

Berikut Techno.id sajikan beberapa cara menghemat penggunaan baterai laptop agar tidak boros yang dirangkum dari berbagai sumber.

1. Sesuaikan kecerahan layar

9 Cara menghemat baterai laptop biar tetap awet, nonaktifkan fitur yang tidak perlu foto:unsplash/eliott reyna

Kecerahan layar laptop dapat menghabiskan banyak daya baterai. Layar yang terang memang cukup nyaman untuk penglihatan, namun hal tersebut akan merusak durasi baterai laptop kamu. Jika kamu mengatur kecerahan layar hingga 50-75%, ini akan membantu menghemat baterai laptop. Semakin redup layarnya, semakin lama baterainya bertahan.

2. Mengubah pengaturan daya

9 Cara menghemat baterai laptop biar tetap awet, nonaktifkan fitur yang tidak perlu foto:freepik/waalenok

Jika kamu memiliki laptop yang menggunakan sistem operasi Windows 10, ikuti petunjuk berikut ini.

1. Buka opsi daya di sisi kanan latar belakang desktop.

2. Buka Pengaturan < Sistem < Baterai.

3. Sekarang, sesuaikan kapan harus mengaktifkan penghemat baterai.

4. Tidak hanya Windows 10, tetapi sistem windows lain juga memiliki pengaturan daya yang berbeda. Salah satu cara terbaik untuk menyesuaikan pengaturan daya adalah dengan mengaktifkan mode hemat daya agar lebih tahan lama.

3. Matikan Wifi

9 Cara menghemat baterai laptop biar tetap awet, nonaktifkan fitur yang tidak perlu foto: freepik/tascha1

Jika kamu telah selesai menggunakan laptop, matikan wifi dan matikan komputer. Jangan pernah mengatur laptop ke mode tidur karena akan merusak durasi baterai laptop.

Wifi menguras baterai dengan menarik daya dari baterai saat mencari jaringan. Apalagi jika WiFi kamu menyala 24 jam, hal ini dapat memperpendek masa pakai baterai.

4. Matikan periferal

9 Cara menghemat baterai laptop biar tetap awet, nonaktifkan fitur yang tidak perlu foto: freepik

Mencolokkan USB atau perangkat periferal lain seperti mouse atau webcam dapat menguras daya tahan baterai laptop karena baterai memiliki daya untuk terhubung dengan periferal tersebut. Banyak laptop memiliki fungsi untuk mematikan webcam, yang menghabiskan baterai.

Selanjutnya, sesuaikan sistem suara atau speaker untuk mematikannya jika kamu tidak membutuhkannya. Hal ini juga mengganggu daya tahan baterai karena laptop akan berbunyi bip setiap kali kamu menerima email. Semakin banyak kamu mencolokkan periferal, semakin banyak pula kerusakan yang terjadi pada baterai.

(brl/red)