9 Cara mengatasi masalah baterai smartphone Android tidak bisa terisi daya

9 Cara mengatasi masalah baterai smartphone Android tidak bisa terisi daya

9 Cara mengatasi baterai ponsel Android tidak mengisi daya

6. Copot pemasangan aplikasi

9 Cara mengatasi masalah baterai smartphone Android tidak bisa terisi daya foto: freepik

Aplikasi yang tidak dikonfigurasi dengan baik juga dapat menyebabkan berbagai macam masalah. Jika masalah ini dimulai setelah kamu menginstal aplikasi, coba hapus aplikasi tersebut.

Kamu dapat mencopot pemasangan aplikasi dengan menekan lama ikon aplikasi di layar beranda dan menyeretnya ke atas ke opsi copot pemasangan. Kamu juga dapat membuka aplikasi Pengaturan dan ke Aplikasi dan notifikasi. Pilih aplikasi yang ingin kamu hapus dan ketuk tombol copot pemasangan.

7. Matikan ponsel untuk mengisi daya

9 Cara mengatasi masalah baterai smartphone Android tidak bisa terisi daya foto: freepik/rawpixel.com

Saat kamu memiliki banyak aplikasi, banyak hal yang terjadi di latar belakang. Jika kamu mengisi daya ponsel saat aktif dan sering menggunakannya, pengisian daya akan lebih lambat dari biasanya.

Jika kamu perlu mengisi dayanya dengan cepat, coba matikan. Ini akan mengisi daya lebih cepat karena semua energi masuk ke baterai, bukan proses latar belakang. Jika mematikan ponsel bukanlah pilihan, kamu juga dapat mencoba mengaktifkan Mode Pesawat, yang akan memblokir berbagai layanan yang hanya akan menguras baterai.

8.Atur ulang ponsel ke setelan pabrik

9 Cara mengatasi masalah baterai smartphone Android tidak bisa terisi daya foto: freepik/grinvalds

Alasan lain baterai Android tidak terisi daya adalah kesalahan perangkat lunak. Bisa jadi masalah ini disebabkan aplikasi yang tidak dikonfigurasi dengan baik yang kamu unduh dari sumber yang tidak dikenal.

Kamu dapat menghapus jejak gangguan apa pun dengan melakukan reset pabrik. Saat mengatur ulang perangkat apa pun ke setelan pabrik, kamu akan kehilangan segalanya kecuali kamu mencadangkan semuanya. Karena itu ada baiknya kamu mencadangkan semua file.

Untuk menghapus semuanya hingga bersih dan menghapus bug apa pun yang belum dapat dihapus, kamu harus membuka aplikasi Pengaturan dan membuka Sistem. Ketuk opsi Reset, diikuti dengan Hapus semua data (reset pabrik).

9. Masalah baterai

9 Cara mengatasi masalah baterai smartphone Android tidak bisa terisi daya foto: freepik/vladyslavhoroshevych

Alasan lain perangkat Android tidak mengisi daya, atau pengisian dayanya sangat lambat, bisa jadi karena kerusakan fisik pada baterai. Jika kamu memiliki ponsel dengan baterai yang tidak dapat dilepas, kamu harus membawanya untuk diservis.

(brl/red)