Pembaruan Android 15 dikabarkan bakal menyertakan persentase kesehatan baterai

Pembaruan Android 15 dikabarkan bakal menyertakan persentase kesehatan baterai

Techno.id - Salah satu fitur iOS yang sangat berguna dan tidak ditemui di Android adalah layar kesehatan baterai. Fitur ini menunjukkan kapasitas maksimum baterai sebagai persentase, relatif seperti saat ponsel masih baru.

Fitur ini memberikan gambaran yang jelas tentang seberapa banyak baterai ponsel cerdas telah rusak. Nah kabarnya, fitur ini adalah sesuatu yang mungkin akan segera ditambahkan ke Android.

Seperti dilaporkan Android Authority dan Nail Sadykov, editor grup Telegram Google News dalam akun X, Google telah menemukan layar kesehatan baterai yang tersembunyi di pembaruan Android 14 QPR2 (Quarterly Platform Release 2) beta 2.

Layar sebenarnya tidak aktif dalam versi beta ini, jadi mereka harus melewati beberapa rintangan untuk mengaktifkannya. Di dalam kode yang mereka temukan disebutkan bahwa layar ini akan menampilkan perkiraan persentase daya yang dapat ditahan baterai saat ini dibandingkan saat masih baru.

Pembaruan Android 15 dikabarkan bakal menyertakan persentase kesehatan baterai foto: freepik/mego-studio

Jadi dengan kata lain, sangat mirip dengan apa yang dapat dilakukan iOS sekarang. Tidak jelas kapan tepatnya fitur ini akan diluncurkan, tetapi kehadirannya di perangkat lunak Android menunjukkan bahwa fitur ini mungkin akan segera hadir.

Android Authority berspekulasi bahwa fitur tersebut mungkin hadir dengan Android 15, dan pada awalnya mungkin eksklusif untuk ponsel Pixel. Namun ada juga kemungkinan bahwa fitur itu tidak akan pernah diluncurkan. Tetapi Google tampaknya sudah lama mengembangkan fitur tersebut.

Lagi pula, fitur Pixel terbaru juga menambahkan layar informasi baterai, yang menunjukkan jumlah siklus baterai, yaitu berapa kali baterai terisi penuh dan kosong, dan tanggal pembuatannya.

Sebelumnya, Google juga memberi pengembang aplikasi pihak ketiga akses ke beberapa API baterai sebagai bagian dari Android 14, yang memungkinkan aplikasi yang dapat memperkirakan kesehatan baterai. Sangat mirip dengan apa yang tampaknya dibangun Google ke dalam Android, tetapi mungkin kurang akurat, dan membutuhkan aplikasi pihak ketiga.

Fitur penting

Pembaruan Android 15 dikabarkan bakal menyertakan persentase kesehatan baterai foto: freepik/odvutstudio

Menambahkan layar kesehatan baterai bisa sangat bermanfaat bagi siapa saja yang menyimpan ponsel mereka untuk waktu yang lama. Lagi pula, baterai cenderung lebih cepat aus daripada perangkat keras lainnya, jadi mungkin perlu diganti. Karena itu fitur ini akan memberi pengguna gambaran yang lebih jelas tentang seberapa rusak baterai ponsel mereka.

Fitur ini juga akan membantu pengguna mengetahui apakah baterai mereka benar-benar rusak parah, atau apakah ada masalah perangkat lunak yang menyebabkan masa pakai berkurang. Jadi layar kesehatan baterai ini bisa menjadi salah satu fitur terbaik Android 15. Kita tunggu saja!

(brl/red)