9 Cara mengatasi masalah baterai smartphone Android tidak bisa terisi daya

9 Cara mengatasi masalah baterai smartphone Android tidak bisa terisi daya

Techno.id - Banyak pengguna smartphone ketika perangkat Android mereka tidak dapat mengisi daya. Ada berbagai alasan mengapa baterai Android tidak terisi daya. Solusinya bisa sederhana atau mengharuskan kamu membawa ponel cerdas untuk diservis.

Jika perangkat Android kamu adalah model yang lebih lama, beberapa peningkatan akan diperlukan. Bisa jadi dengan perbaikan sederhana, bisa mengatasi masalah ini. Tetapi sebelum itu dilakukan, ada baiknya kamu simak daftar kemungkinan perbaikan yang membuat pengisian daya baterai Android kembali normal.

Cara memperbaiki baterai Android tidak mau terisi daya

Yang terbaik adalah memulai dengan perbaikan sederhana. Bisanya hanya dengan melakukan sedikit perbaikan dari sisi pengaturan dapat menyelesaikan masalah. Begini cara melakukan perbaikan sederhana.

1. Mulai ulang ponsel

9 Cara mengatasi masalah baterai smartphone Android tidak bisa terisi daya foto: freepik

Coba mulai ulang perangkat Android kamu. Sebab, umumnya banyak masalah dapat diperbaiki hanya dengan memulai ulang, termasuk masalah perangkat yang tidak mau terisi daya. Dengan memulai ulang juga biasanya bisa mengatasi bug yang dialami ponsel cerdas.

2. Lepas casing

9 Cara mengatasi masalah baterai smartphone Android tidak bisa terisi daya foto: freepik/mateus andre

Perbaikan mudah lainnya adalah melepas casing dari ponsel Android kamu. Dalam beberapa kasus, desain casing dapat mencegah kabel dimasukkan sepenuhnya ke dalam port pengisian daya sehingga menyebabkan ponsel kamu tidak bisa mengisi daya.

3. Gunakan perangkat pengisian daya yang lain

9 Cara mengatasi masalah baterai smartphone Android tidak bisa terisi daya foto: freepik/gutaper

Kamu juga dapat mencoba menggunakan kabel pengisi daya lain serta soket dan adaptor jika kamu memiliki cadangan. Jika itu tidak berhasil, berarti masalahnya ada pada perangkat pengisian daya. Ganti dengan yang baru. Hindari menggunakan perangkat pengisian daya tiruan karena kemungkinan besar kabel dan adaptornya tidak akan berfungsi dengan benar.

4. Isi daya dengan laptop

9 Cara mengatasi masalah baterai smartphone Android tidak bisa terisi daya foto: freepik/nampix

Coba isi daya perangkat Android kamu menggunakan komputer atau laptop. Jika berhasil, kamu tahu masalahnya bukan terletak pada kabelnya tetapi adaptornya. Menggunakan komputer sebagai sumber listrik bukanlah ide yang baik karena membutuhkan waktu lebih lama daripada menggunakan stopkontak di dinding.

5. Periksa port dari kotoran dan debu

9 Cara mengatasi masalah baterai smartphone Android tidak bisa terisi daya foto: freepik/bublikhaus

Periksa port pengisian daya untuk melihat apakah ada kotoran yang menghalangi dan mencegah Android mengisi daya. Hindari memasukkan apa pun ke dalam port.

Cobalah pembersihan ringan dengan menggunakan sikat lembut atau sekaleng udara bertekanan. Berhati-hatilah agar tidak memasukkan apa pun terlalu dalam ke dalam port karena dapat menyebabkan kerusakan permanen.

(brl/red)