9 Cara menghemat masa pakai baterai ponsel cerdas, untuk iPhone maupun Android

9 Cara menghemat masa pakai baterai ponsel cerdas, untuk iPhone maupun Android

Techno.id - Salah satu keuntungan dari smartphone yang lebih besar adalah ada ruang untuk baterai yang juga lebih besar. Karena itu bagi sebagian orang masa pakai baterai tidak terlalu mengganggu seperti dulu. Tetapi kecemasan akan kehabisan daya masih sering dialami.

Ada beberapa cara menghemat masa pakai baterai ponsel cerdas yang bisa dilakukan, termasuk merawat baterai untuk memastikannya bertahan selama mungkin. Berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan.

1. Aktifkan mode hemat daya

9 Cara menghemat masa pakai baterai ponsel cerdas, untuk iPhone maupun Android foto: freepik/vlarvix

Semua ponsel cerdas memiliki beberapa bentuk mode daya rendah yang menjeda atau mengurangi fungsi, aktivitas, dan efek visual tertentu. Mode-mode ini ideal untuk menghemat masa pakai baterai saat baterai ponsel cerdas kamu hampir habis, terutama jika kamu belum menemukan sumber listrik untuk mengisi ulang daya.

iPhone

1. Buka Pengaturan > Baterai dan aktifkan Mode Daya Rendah.

2. Tambahkan ke Pusat Kontrol melalui Pengaturan > Pusat Kontrol > Sesuaikan Kontrol dan pilih Mode Daya Rendah. Dengan mengaktifkan fitur ini, pengisian daya akan mati secara otomatis saat baterai terisi 80 persen.

Android

Petunjuknya sedikit berbeda tergantung pada pabrikannya. Sebagian besar ponsel Android memiliki dua mode hemat daya. Yang pertama mengurangi pengurasan baterai dengan membatasi beberapa aktivitas dan efek visual, dan yang kedua lebih ekstrem dan akan menghentikan notifikasi dan sebagian besar aplikasi agar tidak berjalan.

Ponsel Samsung Galaxy

1. Buka Pengaturan > Baterai dan Perawatan Perangkat > Baterai untuk menemukan Mode Hemat Daya.

2. Kamu dapat mengonfigurasi fungsinya di layar Hemat Daya.

3. Sebaiknya ketuk Lebih Banyak Pengaturan Baterai untuk mengaktifkan Baterai Adaptif.

2. Mengurangi kecerahan layar

9 Cara menghemat masa pakai baterai ponsel cerdas, untuk iPhone maupun Android foto: freepik /diana grytsku

Kecerahan layar memiliki dampak signifikan pada baterai, jadi usahakan kecerahannya atur serendah yang nyaman bagi mata kamu.

Kamu selalu dapat mengubah kecerahan layar dengan menggeser ke bawah untuk membuka Pusat Kontrol di iPhone atau Bayangan Notifikasi di ponsel Android dan menyeret penggeser Kecerahan. Kamu juga dapat mempertimbangkan penyesuaian otomatis berdasarkan tingkat cahaya sekitar.

iPhone

Buka Pengaturan > Aksesibilitas > Tampilan & Ukuran Teks dan pastikan Kecerahan Otomatis diaktifkan.

Android

Buka Pengaturan > Tampilan dan pastikan Kecerahan Adaptif diaktifkan. Lanjutkan untuk memindahkan penggeser secara manual hingga mempelajari preferensi kamu.

3. Matikan tampilan selalu aktif dan kurangi batas waktu layar

9 Cara menghemat masa pakai baterai ponsel cerdas, untuk iPhone maupun Android foto: freepik/natali ploskaya

Karena layar adalah penguras baterai yang paling rakus, ada baiknya juga untuk mengurangi berapa lama layar menyala. Pengaturan terendah bisa mengganggu, jadi pilih batas waktu yang sesuai untuk kamu.

iPhone

Buka Pengaturan > Tampilan & Kecerahan dan setel Kunci Otomatis ke 30 detik. Pertimbangkan untuk fitur Tampilan Selalu Aktif dimatikan.

Android

1. Buka Pengaturan > Tampilan dan atur Batas Waktu Layar menjadi 15 detik. Pertimbangkan untuk mematikan Penghemat Layar.

2. Masuk ke Pengaturan > Tampilan > Layar Kunci dan pastikan Selalu Tampilkan Waktu dan Info dimatikan.

Kamu juga dapat menghemat masa pakai baterai dengan mengaktifkan mode gelap jika ponsel cerdas kamu memiliki layar OLED (atau AMOLED), karena panel ini mematikan piksel saat menampilkan warna hitam.

4. Hindari suhu ekstrim

9 Cara menghemat masa pakai baterai ponsel cerdas, untuk iPhone maupun Android foto: freepik

Jika sangat dingin atau panas, baterai akan mudah rusak. Banyak cara yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi masalah ini. Cobalah untuk menghindari suhu ekstrem seperti meninggalkan ponsel cerdas di dasbor mobil pada hari yang terik.

5. Temukan apa yang menguras baterai

9 Cara menghemat masa pakai baterai ponsel cerdas, untuk iPhone maupun Android foto: freepik/georgejmclittle

Jika kamu telah mengubah semua pengaturan dan masih menemukan bahwa baterai tidak dapat digunakan sepanjang hari, ada baiknya untuk diselidiki. Ponsel cerdas memiliki bagan penggunaan baterai internal yang akan menunjukkan ke mana perginya daya.

iPhone

1. Buka Pengaturan > Baterai dan gulir ke bawah untuk melihat grafik penggunaan selama 24 jam atau 10 hari terakhir.

2. Jika kamu memilih 10 Hari Terakhir dan menggulir ke bawah, kamu akan melihat daftar aplikasi. Kamu dapat beralih antara persentase baterai yang mereka gunakan dan aktivitas, termasuk waktu di layar dan latar belakang.

Android

Buka Pengaturan > Baterai > Penggunaan Baterai dan gulir ke bawah untuk melihat aplikasi dan fungsi sistem yang menghabiskan daya selama 24 jam terakhir. Kamu juga dapat mengetuk blok dua jam di bagan di bagian atas.

(brl/red)