8 Rekomendasi Google untuk meningkatkan daya tahan baterai ponsel Android

8 Rekomendasi Google untuk meningkatkan daya tahan baterai ponsel Android

8 Tips Google untuk menghemat baterai

5. Batasi aplikasi yang banyak menghabiskan daya baterai

8 Rekomendasi Google untuk meningkatkan daya tahan baterai ponsel Android foto: freepik

Mengelola penggunaan aplikasi sangat penting untuk menghemat masa pakai baterai. Google merekomendasikan untuk mengidentifikasi dan membatasi aplikasi yang mengkonsumsi daya baterai dalam jumlah besar. Pada versi Android yang lebih baru, kamu dapat menyesuaikan mode baterai untuk masing-masing aplikasi.

Dengan memilih mode pengoptimalan daya yang lebih ketat untuk aplikasi tertentu, kamu dapat mencegah aplikasi tersebut berjalan di latar belakang secara berlebihan, sehingga mengurangi konsumsi CPU dan menghemat energi.

6. Mengaktifkan fitur baterai adaptif

8 Rekomendasi Google untuk meningkatkan daya tahan baterai ponsel Android foto: freepik/fantastic-studio

Fitur Baterai Adaptif Android dirancang untuk mengoptimalkan konsumsi energi perangkat secara cerdas berdasarkan pola penggunaan kamu. Rekomendasi ini berakar pada gagasan bahwa ponsel dapat mempelajari cara kamu menggunakannya dan menyesuaikan perilakunya.

Baterai Adaptif menganalisis penggunaan aplikasi dan membatasi proses latar belakang untuk aplikasi yang jarang digunakan. Hal ini membantu mengurangi konsumsi daya yang tidak perlu, sehingga perangkat dapat beroperasi dengan lebih efisien dan memperpanjang masa pakai baterainya.

7. Hapus akun yang tidak digunakan

8 Rekomendasi Google untuk meningkatkan daya tahan baterai ponsel Android foto: freepik/rawpixel.com

Google juga menyarankan pengguna untuk menghapus akun yang tidak digunakan yang ditautkan ke perangkat Android mereka. Banyak pengguna yang memiliki berbagai akun, termasuk email, media sosial, dan layanan lainnya, yang disinkronkan ke ponsel cerdas mereka. Akun-akun ini dapat secara otomatis memperbarui dan menyinkronkan data, yang dapat menguras daya baterai.

Untuk menghapus akun ini, buka Pengaturan > Kata sandi dan akun, pilih akun yang ingin kamu hapus, lalu ketuk Hapus akun. Dengan melakukan cara ini, kamu menghilangkan proses latar belakang yang tidak perlu yang dapat membebani prosesor dan baterai perangkat.

8. Aktifkan mode gelap

8 Rekomendasi Google untuk meningkatkan daya tahan baterai ponsel Android foto: freepik/drobotdean

Rekomendasi terakhir dari Google adalah mengaktifkan tema gelap pada perangkat Android. Mode gelap, seperti yang biasa dikenal, mengubah antarmuka pengguna dengan menggunakan warna yang lebih gelap, sering kali hitam, untuk menggantikan desain tradisional yang cerah dan penuh warna.

Ilmu di balik tips ini terletak pada jenis teknologi tampilan yang digunakan di banyak smartphone modern, khususnya layar AMOLED. Pada layar AMOLED, piksel hitam tidak disinari, sehingga secara efektif mematikannya. Hal ini menghasilkan konsumsi energi yang lebih sedikit untuk menampilkan konten hitam atau gelap.

(brl/red)