Cara memperpanjang masa pakai baterai smartphone Android dengan aplikasi Electron

Cara memperpanjang masa pakai baterai smartphone Android dengan aplikasi Electron

Techno.id - Merawat smartphone dengan baik, terutama baterainya, sangatlah penting. Sebab baterai cenderung menurun seiring berjalannya waktu. Untuk menjaga kesehatan baterai smartphone melibatkan penerapan praktik dan rekomendasi sederhana dalam cara kita menggunakan dan mengisi daya perangkat.

Namun, bagi mereka yang mungkin sedikit pelupa, solusi praktis hadir dalam bentuk aplikasi bernama Electron. Aplikasi ini menyederhanakan proses perawatan perangkat hanya dengan dua langkah sederhana.

Nah inti dari menjaga kesehatan baterai adalah untuk membatasi dua musuh utama, suhu yang berlebihan yang menyebabkan panas berlebih dan siklus pengisian daya dan penggunaan yang menguras habis baterai.

Electron terbukti menjadi alat yang sangat berharga untuk memahami informasi terperinci tentang kesehatan baterai dan pengisi daya yang digunakan. Setelah instalasi, aplikasi ini melakukan analisis menyeluruh terhadap baterai dan konsumsi daya, bahkan mendeteksi kapasitas baterai.

Cara memperpanjang masa pakai baterai smartphone Android dengan aplikasi Electron foto: freepik/user6724086

Dalam kasus di mana aplikasi mungkin mendeteksi kapasitas yang tidak akurat, pengguna memiliki opsi untuk mengoreksi dan memasukkan kapasitas yang benar secara manual.

Saat memasuki aplikasi, pengguna disajikan dengan informasi mendasar namun penting tentang baterai, termasuk kesehatan, kapasitas, tingkat baterai saat ini, dan suhu pada saat penggunaan aplikasi. Bagi mereka yang mengisi daya ponsel, aplikasi ini memberikan perkiraan waktu hingga mencapai daya penuh.

Tab kedua aplikasi ini membahas tentang pengisian daya secara spesifik, menampilkan informasi seperti kecepatan pengisian daya, arus listrik rata-rata, dan fitur penting yang mengidentifikasi pengisi daya yang rusak. Data waktu nyata ini menggambarkan bagaimana kecepatan pengisian daya berfluktuasi selama penggunaan ponsel dan bagaimana tingkat baterai naik selama proses pengisian daya.

(brl/red)