Ini penjelasan mengapa teknologi 5G dapat menguras baterai smartphone dan begini cara mengatasinya

Ini penjelasan mengapa teknologi 5G dapat menguras baterai smartphone dan begini cara mengatasinya

Techno.id - Jaringan 5G diketahui mengonsumsi lebih banyak daya baterai ketimbang 4G, apa pun prosesor yang dimiliki smartphone kamu. Chip Snapdragon dari Qualcomm adalah yang paling efisien, semantara chip Exynos dari Samsung yang sebaliknya.

Salah satu pengujian yang dilakukan ViserMark Lab menyebutkan, ada dampak pada masa pakai baterai sekitar 10% lebih banyak penggunaan baterai di 5G dibanding 4G.

Ada beberapa alasan mengapa 5G mengkonsumsi lebih banyak energi daripada 4G. Pertama, gelombang 5G memiliki panjang gelombang yang lebih pendek daripada gelombang 4G, yang berarti gelombang ini membutuhkan lebih banyak daya untuk ditransmisikan. Kedua, jaringan 5G masih dalam tahap pengembangan, sehingga tidak seefisien jaringan 4G.

Jumlah baterai yang digunakan 5G tergantung pada sejumlah faktor, termasuk jenis ponsel yang kamu miliki, cara kamu menggunakan ponsel, dan kekuatan sinyal 5G. Namun, secara umum, 5G dapat menggunakan baterai hingga 10% lebih banyak daripada 4G.

Ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk mengurangi dampak 5G pada masa pakai baterai.

Ini penjelasan mengapa teknologi 5G dapat menguras baterai smartphone dan begini cara mengatasinya foto: freepik/ksandrphoto

1. Matikan 5G saat kamu tidak menggunakannya. Ini adalah cara paling efektif untuk menghemat masa pakai baterai.

2. Sesuaikan pengaturan ponsel untuk memprioritaskan daya tahan baterai daripada kinerja. Cara ini dapat dilakukan di menu pengaturan smartphone.

3. Gunakan mode hemat daya saat kamu dalam perjalanan. Mode hemat daya dapat membantu memperpanjang masa pakai baterai dengan membatasi daya yang digunakan smartphone kamu.

4. Turunkan kecerahan layar. Sebab, layar adalah salah satu penguras terbesar pada baterai smartphone. Dengan menurunkan kecerahan layar dapat membantu menghemat masa pakai baterai.

5. Matikan fitur yang tidak perlu. Fitur-fitur seperti Bluetooth, Wi-Fi, dan GPS dapat menguras baterai, Jadi matikan fitur-fitur tersebut saat kamu tidak menggunakannya.

6. Tutup aplikasi yang tidak digunakan. Aplikasi yang berjalan di latar belakang juga dapat menguras baterai, jadi tutuplah semua aplikasi yang tidak kamu gunakan.

7. Gunakan tema gelap. Sebab tema gelap dapat membantu menghemat masa pakai baterai dengan menggunakan lebih sedikit daya untuk menampilkan layar.

8. Jaga smartphone tetap dingin. Baterai smartphone akan lebih cepat habis jika terlalu panas, jadi usahakan agar ponsel tetap dingin.

(brl/red)