8 Rekomendasi Google untuk meningkatkan daya tahan baterai ponsel Android

8 Rekomendasi Google untuk meningkatkan daya tahan baterai ponsel Android

Techno.id - Di dunia digital yang serba cepat seperti sekarang ini, ponsel pintar menjadi bagian penting dari kehidupan sehari-hari. Mulai dari komunikasi dan hiburan hingga produktivitas dan navigasi. Perangkat ini telah mengubah cara kita berinteraksi dengan dunia.

Namun, ada satu tantangan yang terus mengganggu pengguna ponsel pintar yakni daya tahan baterai. Meskipun teknologi baterai smartphone telah berkembang pesat, banyak pengguna yang masih mencari pengisi daya dalam sehari.

Menyadari pentingnya masalah ini, Google, perusahaan di balik sistem operasi Android, telah memberikan tips berharga kepada para pengguna tentang cara meningkatkan daya tahan baterai. Berikut delapan tips Google untuk memperpanjang masa pakai baterai perangkat Android.

1. Biarkan layar mati lebih cepat

8 Rekomendasi Google untuk meningkatkan daya tahan baterai ponsel Android foto: freepik/whatwolf

Tips pertama dari Google sangat mudah, biarkan layar ponsel kamu mati lebih cepat. Ini berarti mengurangi waktu yang dibutuhkan layar ponsel untuk secara otomatis masuk ke mode tidur saat tidak digunakan. Alasan di balik ini sederhana, ketika layar ponsel kamu mati, maka daya yang dikonsumsi akan lebih sedikit.

Dengan menyesuaikan pengaturan batas waktu layar ke durasi yang lebih pendek, kamu memastikan perangkat tidak menghabiskan daya baterai secara sia-sia ketika tidak menggunakannya secara aktif.

2. Kurangi kecerahan layar

8 Rekomendasi Google untuk meningkatkan daya tahan baterai ponsel Android foto: freepik/pressfoto

Tips penting lainnya dari Google adalah mengurangi kecerahan layar. Prinsipnya sangat mudah, semakin terang layar, semakin banyak energi yang dikonsumsi. Lampu latar membutuhkan lebih banyak daya untuk menerangi layar, sehingga menguras baterai secara signifikan.

3. Atur kecerahan secara otomatis

8 Rekomendasi Google untuk meningkatkan daya tahan baterai ponsel Android foto: freepik

Google juga menyarankan untuk mengatur kecerahan layar agar berubah secara otomatis berdasarkan kondisi pencahayaan sekitar. Fitur ini menggunakan sensor cahaya sekitar untuk menyesuaikan kecerahan layar ke tingkat yang optimal, tergantung pada lingkungan sekitar.

Meskipun kecerahan otomatis dapat membantu menghemat baterai dalam situasi di mana kondisi pencahayaan sering berfluktuasi, namun ini mungkin bukan pilihan yang paling hemat energi.

4. Matikan suara atau getaran keyboard

8 Rekomendasi Google untuk meningkatkan daya tahan baterai ponsel Android foto: freepik/senivpetro

Berikutnya dalam daftar Google adalah menonaktifkan suara dan getaran keyboard. Tips ini tidak hanya meningkatkan pengalaman pengguna dengan menghilangkan gangguan yang berpotensi mengganggu, tetapi juga menghemat daya baterai.

Ketika kamu mengetik di keyboard ponsel cerdas dan mengeluarkan suara atau bergetar pada setiap penekanan tombol, hal ini akan mengaktifkan mekanisme umpan balik haptic perangkat. Mekanisme ini membutuhkan energi untuk berfungsi, dan mematikannya dapat menghemat baterai dari waktu ke waktu.

(brl/red)