8 Cara mengubah FYP TikTok agar sesuai dengan preferensi kamu

8 Cara mengubah FYP TikTok agar sesuai dengan preferensi kamu

Techno.id - Tik Tok memiliki reputasi untuk menunjukkan dengan tepat apa yang ingin kamu lihat. Opsi ini dapat membuat kamu terus menggulir konten selama berjam-jam. Tetapi bagaimana jika umpan kamu tidak menampilkan konten yang ingin kamu lihat? Berikut adalah beberapa tips untuk mengubah FYP Tik Tok kamu.

1. Setel ulang FYP Tik Tok kamu

8 Cara mengubah FYP TikTok agar sesuai dengan preferensi kamu foto: freepik/goodmood studio

Jika TikTok For You Page (FYP) sama sekali tidak relevan dengan minat kamu, maka kamu dapat mengatur ulang agar algoritme dimulai dari awal. Untuk mengatur ulang FYP TikTok kamu, ikuti langkah-langkah berikut.

1. Buka TikTok dan ketuk ikon Profil.

2. Ketuk ikon tiga baris di kanan atas aplikasi dan pilih Pengaturan & privasi.

3. Gulir ke bawah ke preferensi konten dan ketuk. Di halaman berikutnya, pilih Segarkan umpan Untuk Kamu.

4. Di halaman berikutnya, pilih Lanjutkan lalu Segarkan.

5. Kamu dapat memilih alasan mengapa kamu menyegarkan umpan, lalu memilih Kirim.

Setelah proses ini selesai, kamu perlu berinteraksi dengan konten yang tepat untuk menyempurnakan preferensi kamu. Kiat lainnya akan terkait dengan peningkatan konten yang direkomendasikan platform kepada kamu.

2. Ikuti akun TikTok yang kamu suka

8 Cara mengubah FYP TikTok agar sesuai dengan preferensi kamu foto: freepik

Jika belum, ikuti akun di TikTok yang menurut kamu menarik. Ini akan memastikan kamu terus melihat pembuat konten tersebut di FYP kamu, dan ini juga akan membantu aplikasi merekomendasikan konten serupa.

Untuk mengikuti akun, kamu perlu mengetuk nama akun saat menonton video, lalu memilih tombol Ikuti di halaman profil. Kamu juga dapat memangkas daftar pengikut jika akun yang kamu ikuti menghasilkan konten yang tidak relevan.

Untuk memeriksa, buka tab Profil kamu dan pilih nomor dengan Mengikuti di bawahnya. Kamu dapat berhenti mengikuti akun dengan memilih tombol Berikut di sebelah akun untuk berhenti mengikuti mereka.

3. Tonton ulang video yang kamu suka di TikTok

8 Cara mengubah FYP TikTok agar sesuai dengan preferensi kamu foto: freepik

Menurut situs web Dukungan TikTok, "waktu yang dihabiskan untuk menonton video tertentu umumnya lebih berat daripada faktor lainnya". Jadi, saat aplikasi mengenali bahwa kamu telah menonton sesuatu sepenuhnya, aplikasi akan memahami bahwa kemungkinan besar kamu menikmatinya. Cara yang lebih baik untuk menandakan kesenangan kamu adalah dengan menonton video yang sama beberapa kali.

4. Pilih "Tidak Tertarik" pada Video TikTok yang tidak kamu sukai

8 Cara mengubah FYP TikTok agar sesuai dengan preferensi kamu foto: freepik/luisanm

Untuk memberi sinyal kepada TikTok bahwa kamu tidak tertarik dengan jenis postingan tertentu, tekan lama video tersebut hingga muncul pop-up. Lalu tekan ikon patah hati yang bertuliskan Tidak tertarik. Tombol yang sama juga muncul jika kamu menekan tombol Bagikan.

Jika kamu ingin melangkah lebih jauh dan sepenuhnya menghilangkan hasil dari pembuat konten tertentu, kamu dapat memblokir akun di TikTok.

(brl/red)