Grup GoTo, TikTok, dan Universitas Gadjah Mada berkolaborasi kembangkan talenta digital

Grup GoTo, TikTok, dan Universitas Gadjah Mada berkolaborasi kembangkan talenta digital

Techno.id - Grup GoTo, TikTok, dan Universitas Gadjah Mada (UGM) baru saja menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) untuk mendirikan GoTo x TikTok x UGM Technology Center, sebagai pusat pengembangan talenta digital di Gelanggang Inovasi dan Kreativitas (GIK) UGM. Grup GoTo dan TikTok menjadi perusahaan pertama yang berkolaborasi dengan UGM dalam membuka pusat pengembangan talenta digital lokal Indonesia.

Selain pengembangan talenta digital yang akan direkrut beberapa tahun ke depan melalui GoTo x TikTok x UGM Technology Center ini, talenta-talenta yang dihasilkan dapat turut menumbuhkan berbagai pelaku sektor ekonomi digital lainnya di Indonesia.

Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Aset, dan Sistem Informasi UGM Arief Setiawan Budi Nugroho menjelaskan, kehadiran GoTo x TikTok x UGM Technology Center, maupun kolaborasi UGM dengan Grup GoTo dan TikTok menjadi bagian dari komitmen menghadirkan talenta digital yang inovatif, kreatif, dan kompetitif dari UGM, untuk memajukan sektor ekonomi digital di Indonesia.

Sementara Chief Technology Officer Grup GoTo Herman Widjaja, , menjelaskan, GoTo x TikTok x UGM Technology Center yang akan dibuka, merupakan bukti nyata komitmen bersama Grup GoTo dan TikTok dalam mendukung peningkatan kompetensi talenta digital Indonesia di era transformasi teknologi.

Direktur Eksekutif, E-Commerce, TikTok Indonesia Stephanie Susilo, menjelaskan, salah satu bagian penting dalam kemitraan strategis TikTok dengan Grup GoTo adalah komitmen untuk berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia, yang antara lain diwujudkan dalam upaya mencetak talenta lokal yang inovatif dan kompetitif.

Langkah ini merupakan bagian dari rekrutmen talenta digital yang telah sebelumnya dilakukan Grup GoTo di wilayah Yogyakarta dan sekitarnya, serta komitmen jangka panjang, membuka pusat pengembangan talenta digital di berbagai tempat di Tanah Air.

Stephanie turut menjelaskan bahwa TikTok juga berencana memberikan kesempatan magang bagi 150-200 mahasiswa UGM dalam tiga tahun kedepan. Beberapa mahasiswa terpilih bisa mendapatkan pengalaman magang di kantor TikTok global seperti di Amerika, Australia dan Asia Tenggara.

Selain itu Grup GoTo dan TikTok juga berkomitmen mengakomodasi pengembangan talenta digital Indonesia dari dunia pendidikan melalui berbagai Langkah seperti pengembangan solusi berbasis pemelajaran mesin (machine learning), program magang (internship) bagi mahasiswa UGM,

program pertukaran karyawan bagi karyawan yang direkrut TikTok Indonesia untuk ditugaskan di berbagai kantor TikTok di berbagai penjuru dunia, dan pengembangan sumber daya pendidikan untuk membagikan ilmu dan pengalaman bagi mahasiswa UGM, termasuk dalam bentuk kelas daring untuk mahasiswa.

(brl/red)