8 Cara mempercepat smartphone Android yang mulai lemot sekaligus menghemat baterai

8 Cara mempercepat smartphone Android yang mulai lemot sekaligus menghemat baterai

Cara mempercepat smartphone

5. Menonaktifkan animasi yang tidak perlu

8 Cara mempercepat smartphone Android yang mulai lemot sekaligus menghemat baterai foto: freepik

Perangkat Android dikenal dengan animasi dan transisinya yang ramping. Namun, efek visual ini dapat membebani sumber daya ponsel, terutama pada perangkat yang lebih tua dengan daya pemrosesan yang terbatas.

Untuk menonaktifkan animasi yang tidak perlu, buka Pengaturan > Opsi pengembang (jika opsi ini tersembunyi, buka Pengaturan > Tentang ponsel dan ketuk nomor Bangun tujuh kali) dan cari opsi Skala animasi jendela, Skala animasi transisi, dan Skala durasi animator. Atur nilai ini ke 0,5x atau nonaktifkan semuanya.

6. Gunakan aplikasi versi ringan

8 Cara mempercepat smartphone Android yang mulai lemot sekaligus menghemat baterai foto: freepik/evtyshok

Banyak aplikasi popular menawarkan versi ringan (lite) yang dirancang untuk perangkat dengan perangkat keras yang tidak terlalu kuat. Versi ringan ini biasanya memangkas fitur-fitur untuk mengurangi konsumsi sumber daya dan meningkatkan kinerja. Misalnya, Facebook Lite menawarkan pengalaman yang lebih ramping dibanding aplikasi yang lengkap, mengonsumsi lebih sedikit data dan baterai namun tetap menyediakan fitur-fitur penting.

7. Selalu perbarui sistem operasi

8 Cara mempercepat smartphone Android yang mulai lemot sekaligus menghemat baterai foto: freepik

Pembaruan perangkat lunak Android sering kali mencakup peningkatan kinerja dan perbaikan bug yang secara signifikan dapat meningkatkan daya tanggap ponsel. Periksa pembaruan yang tersedia secara teratur dengan membuka Pengaturan > Sistem > Pembaruan sistem. Jika pembaruan tersedia, unduh dan instal.

8. Reset ulang pabrik

8 Cara mempercepat smartphone Android yang mulai lemot sekaligus menghemat baterai foto: freepik/rawpixel.com

Jika tidak ada satu pun dari metode yang disebutkan di atas yang dapat mengatasi masalah kinerja ponsel kamu, reset pabrik mungkin merupakan solusi terakhir. Reset pabrik akan menghapus semua data dan pengaturan ponsel, mengembalikannya ke kondisi awal pabrik. Proses ini harus dilakukan sebagai pilihan terakhir, karena akan mengakibatkan hilangnya semua data pribadi kamu.

Sebelum melanjutkan pengaturan ulang pabrik, pastikan kamu telah mencadangkan semua data penting. Untuk melakukan pengaturan ulang pabrik, buka Pengaturan > Sistem > Opsi pengaturan ulang > Hapus semua data (pengaturan ulang pabrik) dan ikuti petunjuk di layar.

(brl/red)