8 Cara memperbaiki bantalan pengisi daya nirkabel tidak berfungsi

8 Cara memperbaiki bantalan pengisi daya nirkabel tidak berfungsi

Techno.id - Kamu termasuk orang yang sering menggunakan pengisi daya nirkabel untuk smartphone, mungkin akan merasa stres ketika mengetahui bantalan pengisi dayanya tidak berfungsi. Jika pengisi daya nirkabel tidak berfungsi pada perangkat kamu, hal pertama yang harus diperiksa adalah kompatibilitas Qi.

Sebagai informasi, Qi adalah standar yang ditetapkan untuk transmisi daya nirkabel. Semua pengisi daya nirkabel harus kompatibel dengan Qi agar dapat berjalan dengan baik. Masalah bantalan pengisi daya dapat disebabkan pada perangkat lunak atau perangkat keras. Misalnya, masalah dapat terjadi jika ponsel tidak diposisikan dengan benar atau terjadi gangguan daya.

Penyebab lainnya bisa karena perangkat lunak ponsel tidak mutakhir. Adanya gangguan karena penutup atau aksesori ponsel. Bisa juga karena bantalan pengisi daya nirkabel bukan standar terverifikasi Qi atau karena masalah perangkat keras pada bantalan pengisi daya nirkabel atau telepon.

Cara memperbaiki bantalan pengisi daya nirkabel yang tidak berfungsi

Hal pertama yang harus dilakukan saat bantalan pengisi daya nirkabel tidak berfungsi adalah menghidupkan ulang ponsel. Kemudian kamu dapat mencoba mengisi daya lagi. Jika masalah terus berlanjut, coba posisikan ulang ponsel pada bantalan pengisi daya, setel ulang, atau perbarui ponsel. Berikut beberapa cara memperbaiki masalah tersebut.

1. Lepaskan kabel USB saat ponsel sedang mengisi daya

8 Cara memperbaiki bantalan pengisi daya nirkabel tidak berfungsi foto: freepik/towfiqu999

Sebaiknya jangan menyambungkan ponsel ke adaptor atau komputer melalui kabel USB saat berada di bantalan pengisi daya. Pengisian daya nirkabel tidak akan berfungsi karena ponsel sudah dicolokkan dengan pengisian daya USB.

Jadi, lepaskan pengisian daya USB dan letakkan ponsel di atas bantalan pengisi daya nirkabel. Kamu dapat memeriksa apakah ponsel sedang diisi dayanya atau tidak.

2. Biarkan ponsel dingin

8 Cara memperbaiki bantalan pengisi daya nirkabel tidak berfungsi foto: freepik/rawpixel.com

Harap diingat bahwa saat mengisi daya ponsel, baik melalui pengisian daya USB atau pengisian daya nirkabel, ponsel menjadi panas. Selain itu, pengisian daya nirkabel mengeluarkan lebih banyak panas daripada pengisian daya kabel.

Jadi, saat baterai terlalu panas, mekanisme proteksi bisa membatasi proses pengisian. Dengan demikian, pengisian daya nirkabel berhenti berfungsi.

Karena itu, kamu perlu mengeluarkan ponsel dari bantalan pengisi daya lalu mendinginkannya. Setelah suhu ponsel turun menjadi normal, kamu dapat meletakkannya di bantalan pengisi daya dan melihat apakah berfungsi atau tidak.

3. Periksa sambungan listrik

8 Cara memperbaiki bantalan pengisi daya nirkabel tidak berfungsi foto: freepik/user16766420

Perangkat tidak akan mengisi daya ponsel kamu tanpa daya yang mengalir di bantalan pengisi daya. Jadi, perlu untuk memeriksa koneksi daya. Pertama, kamu dapat memeriksa soketnya dan memastikan perangkat terpasang dengan benar. Periksa juga soket listrik apakah mengeluarkan tegangan. Jika semuanya baik-baik saja, mungkin tidak ada masalah dengan bantalan pengisi daya.

4. Posisikan ulang ponsel pada bantalan pengisi daya

8 Cara memperbaiki bantalan pengisi daya nirkabel tidak berfungsi foto: freepik/noviyanita

Salah satu kesalahan paling umum adalah posisi ponsel yang tidak tepat pada bantalan. Ada kumparan di dalam bantalan pengisi daya yang mentransmisikan daya saat pengisian daya nirkabel. Jadi, ponsel perlu disejajarkan dengan benar pada bantalan pengisi daya. Jadi, kamu perlu meletakkan ponsel di tengah bantalan pengisi daya.

(brl/red)