4 Alasan mengapa kamu tidak boleh menggunakan smartphone saat sedang mengisi daya

4 Alasan mengapa kamu tidak boleh menggunakan smartphone saat sedang mengisi daya

Techno.id - Ada pandangan umum bahwa kamu disarankan untuk tidak menggunakan smartphone saat sedang mengisi daya. Apalagi jika kamu melakukan aktivitas yang cukup berat seperti mendengarkan musik, menonton video, atau bermain game dengan grafis berat.

Dalam artikel ini Techno.id mencoba membantu kamu agar lebih memahami apa yang terjadi saat kamu mengisi daya ponsel cerdas sambil tetap menggunakannya. Saat mengisi daya dan menggunakannya secara bersamaan, akan memiliki beberapa efek buruk pada ponsel dan baterai.

1. Kinerja baterai menurun

4 Alasan mengapa kamu tidak boleh menggunakan smartphone saat sedang mengisi daya foto: freepik/vectorpocket

Menggunakan ponsel saat mengisi daya menyebabkannya menjadi terlalu panas. Jika kamu sering melakukannya, kinerja baterai menurun lebih cepat. Dengan demikian, baterai habis lebih awal dari yang diharapkan. Di sisi lain, ponsel cerdas kamu tidak akan mengisi daya dengan kecepatan penuh, dan akan membutuhkan waktu lebih lama untuk mengisi daya hingga penuh.

2. Ponsel cepat panas

4 Alasan mengapa kamu tidak boleh menggunakan smartphone saat sedang mengisi daya foto: freepik/new africa

Saat kamu melakukan tugas intensif, sumber daya seperti memainkan game seluler yang berat, bersamaan dengan pengisian daya, ini memberi tekanan pada ponsel dan meningkatkan suhunya. Panasnya tergantung pada berapa banyak aplikasi yang kamu buka dan berapa lama kamu menggunakannya saat mengisi daya.

Selain itu, ponsel dapat menjadi terlalu panas lebih cepat jika kamu mengisi daya dan menggunakan ponsel meskipun dayanya rendah (di bawah 15-20%). Persentase baterai optimal untuk mengisi daya ponsel adalah antara 20% hingga 90%.

Meskipun cukup normal jika ponsel memanas ketika menggunakannya saat mengisi daya, kamu harus berhati-hati saat ponsel mulai panas lebih dari biasanya. Beberapa ponsel cerdas bahkan memperingatkan ketika suhu mulai terlalu panas dan meminta kamu untuk menghindari penggunaan ponsel.

3. Port USB menjadi longgar atau rusak

4 Alasan mengapa kamu tidak boleh menggunakan smartphone saat sedang mengisi daya foto: freepik/pvproductions

Saat kamu menyambungkan pengisi daya dan menggunakan telepon, kabel pengisi daya mengalami banyak putaran. Jadi, mungkin lebih cepat rusak, dan port juga bisa menjadi terlalu longgar, yang mengakibatkan menghalangi proses pengisian daya.

4. Baterai menjadi bengkak

4 Alasan mengapa kamu tidak boleh menggunakan smartphone saat sedang mengisi daya foto: freepik/vladyslavhoroshevych

Saat mengisi daya sambil menggunakan smartphone, tidak menutup kemungkinan akan membuat baterai cepat bengkak. Sebab, saat mengisi daya sambil menggunakan smartphone akan terjadi reaksi kimia secara tidak terduga di dalamnya, yang dapat menimbulkan bahaya kebakaran atau ledakan.

(brl/red)