10 Cara memperbaiki fitur pengisian cepat smartphone tidak berfungsi

10 Cara memperbaiki fitur pengisian cepat smartphone tidak berfungsi

Techno.id - Pengisian cepat (fast charging) adalah fitur praktis untuk mengisi daya ponsel dalam waktu yang sangat singkat. Namun, terkadang banyak pengguna kecewa saat pengisian daya ponsel mereka melambat meski sudah menggunakan adaptor pengisian daya cepat. Kondisi ini bisa merepotkan saat pengisian cepat tidak berfungsi dalam situasi yang paling mendesak.

Tapi jangan keburu panik. Ada perbaikan sederhana yang dapat membantu kamu menyelesaikan masalah ini. Misalnya, kamu dapat membersihkan port pengisian daya untuk menghilangkan debu yang menghalangi ponsel untuk mengisi daya. Atau, kamu juga dapat mengaktifkan mode pengisian cepat dari pengaturan ponsel.

Penyebab pengisian cepat tidak berfungsi

10 Cara memperbaiki fitur pengisian cepat smartphone tidak berfungsi foto: freepik/vitalii petrushenko

Pengisian cepat mungkin tidak berfungsi saat kamu melakukan streaming atau menggunakan aplikasi saat mengisi daya ponsel. Ini akan menyebabkan baterai kamu memanas dan memperlambat kecepatan. Selain itu, cari tahu penyebab lain mengapa pengisian cepat tidak berfungsi. Ada beberapa faktor yang bisa jadi penyebabnya.

1. Kabel atau adaptor USB rusak.

2. Pengisian cepat dinonaktifkan.

3. Sumber daya yang lemah.

4. Baterai terlalu panas.

5. Perangkat tidak didukung.

6. Kerusakan sistem.

7. Aplikasi Aktif

Cara memperbaiki pengisian cepat tidak berfungsi

10 Cara memperbaiki fitur pengisian cepat smartphone tidak berfungsi foto: freepik

Terkadang pengisian cepat mungkin tidak berfungsi di ponsel jika sumber daya lemah. Jadi, hal pertama yang dapat kamu lakukan untuk memperbaiki masalah ini adalah mengisi daya ponsel dari outlet pengisi daya yang berbeda.

Karena aplikasi yang aktif di latar belakang akan memperlambat kecepatan pengisian daya, kamu dapat menghentikan semuanya secara paksa dan mengaktifkan mode pesawat. Ini akan meningkatkan kecepatan pengisian cepat. Selain itu, ada perbaikan lain yang dapat kamu coba untuk membuat pengisian cepat berfungsi.

1. Periksa kabel pengisi daya, adaptor, dan port

10 Cara memperbaiki fitur pengisian cepat smartphone tidak berfungsi foto: freepik/mateus andre

Jika kabel pengisi daya, adaptor, atau port kamu rusak, pengisi daya cepat tidak akan berfungsi. Ponsel kamu berisiko jika salah satunya rusak atau basah. Harap jangan mengisi daya dengan pengisi daya seperti itu. Kamu dapat mencoba mengganti kabel atau membeli pengisi daya baru. Namun, saat membeli suku cadang pengisi daya, yaitu adaptor atau kabel USB, kamu harus memastikannya kompatibel dengan ponsel kamu untuk pengisian cepat.

2. Bersihkan port pengisian daya

10 Cara memperbaiki fitur pengisian cepat smartphone tidak berfungsi foto: freepik/ali production

Pengisian cepat mungkin tidak mendukung jika port pengisian daya penuh dengan debu atau serat yang tidak kamu ketahui. Kotoran dapat menyebabkan gangguan pada perangkat yang terhubung dengan pengisi daya. Karena itu kamu dapat memeriksa port pengisian daya untuk melihat apakah port tersebut bebas dari kotoran.

Membersihkannya adalah solusi terbaik karena beberapa debu mungkin tidak terlihat oleh mata kita. Namun sebelum membersihkan port pengisian daya, harap pertimbangkan hal-hal berikut.

1. Hindari menggunakan benda basah untuk membersihkan area tersebut.

2. Hindari menggunakan sikat gigi karena bulunya mungkin tersangkut.

3. Jangan menuangkan atau menggunakan cairan pembersih abrasif, yaitu pemutih pada permukaan.

4. Hindari meniup ke port pengisian daya dengan mulut. Karena kamu mungkin secara tidak sengaja membasahi perangkat saat meniup dan memperburuknya.

5. Matikan ponsel dan gunakan senter untuk melihat port pengisian daya.

6. Kemudian, kamu dapat menggunakan kapas lembut atau spuit bohlam untuk membersihkan port pengisi daya.

7. Kamu juga bisa menggunakan tusuk gigi kayu untuk mengeluarkan kotoran. Tapi, harap berhati-hati agar tidak merusak tusuk gigi di port.

8. Setelah dibersihkan, tunggu beberapa saat dan hidupkan ponsel. Coba colokkan ponsel ke pengisi daya dan lihat apakah berfungsi.

3. Gunakan pengisi daya cepat yang berbeda

10 Cara memperbaiki fitur pengisian cepat smartphone tidak berfungsi foto: freepik/soularts

Pengisi daya cepat kamu tidak akan berfungsi jika ada masalah. Terkadang, mungkin ada kerusakan pada pengisi daya yang tidak mendukung perangkat kamu. Jadi, dalam kasus seperti itu, kamu dapat mencoba menggunakan pengisi daya cepat yang berbeda.

4. Periksa kompatibilitas perangkat

10 Cara memperbaiki fitur pengisian cepat smartphone tidak berfungsi foto: freepik/rawpixel.com

Beberapa perangkat, seperti iPhone, tidak memiliki pengisian cepat di pengisi daya aslinya. Jadi, kamu dapat mencari model perangkat kamu di Google untuk mengetahui apakah itu kompatibel. Kamu dapat membeli pengisi daya cepat yang berbeda.

Saat membeli yang baru, ketahuilah bahwa pengisi daya cepat kamu mungkin tidak berfungsi jika kamu tidak mengetahui penggunaan pengisi daya palsu. Jadi, berhati-hatilah dan gunakan hanya pengisi daya bersertifikat.

5. Aktifkan fitur pengisian cepat

10 Cara memperbaiki fitur pengisian cepat smartphone tidak berfungsi foto: tangkapan layar/techno.id/yani andriyansyah

Beberapa ponsel memiliki preferensi untuk mengaktifkan atau menonaktifkan fitur Pengisian Cepat. Jadi, jika kamu melewatkan mengaktifkan fitur ini, kamu perlu mengaktifkannya. Ikuti langkah-langkah berikut.

1. Navigasikan ke Pengaturan Telepon > Perawatan Baterai dan Perangkat.

2. Ketuk Baterai > Pengaturan Baterai Lainnya.

3. Di bagian Pengisian Daya, Alihkan sakelar untuk mengaktifkan Pengisian Cepat.

(brl/red)