7 Penyebab iPhone tidak mau menyala, begini cara mengatasinya

7 Penyebab iPhone tidak mau menyala, begini cara mengatasinya

Techno.id - Pernah mengalami iPhone kamu tidak mau menyala saat tombol daya ditekan? Ada beberapa faktor yang menyebabkan masalah iPhone tidak mau menyala.

Dalam atikel ini Techno.id menyajikan kemungkinan penyebab iPhone kamu tidak mau menyala, sekaligus beberapa tips diagnostik dan bantuan solusi. Jika iPhone kamu masih mengeluarkan suara atau bergetar namun layar tidak menampilkan apa pun, kemungkinan besar ada beberapa fitur atau komponen yang mengalami kerusakan. Berikut beberapa kemungkinan penyebab iPhone tidak mau menyala.

1. Baterai habis

7 Penyebab iPhone tidak mau menyala, begini cara mengatasinya foto: freepik/denis barysau

Periksa apakah baterai iPhone kamu habis. Biasanya, iPhone akan menampilkan layar yang meminta kamu untuk mencolokkannya saat baterai terlalu lemah untuk dihidupkan, tetapi jika baterai sangat lemah, mungkin tidak ada cukup energi untuk menyalakan layar.

Colokkan iPhone ke pengisian daya selama 10 menit setelah itu coba untuk menyalakan Kembali. Selain itu periksa apakah kabel, adaptor pengisi daya, dan stopkontak listrik kamu berfungsi untuk memastikan iPhone menerima daya.

2. Kerusakan firmware

7 Penyebab iPhone tidak mau menyala, begini cara mengatasinya foto: unsplash/yura fresh

Jika iPhone berhenti menyala tanpa alasan yang jelas, misalnya kamu tidak menjatuhkannya, terkena air, atau mengalami kerusakan lain sejak terakhir kali dinyalakan, kemungkinan besar penyebabnya adalah kerusakan firmware. Kamu harus melakukan restart paksa untuk mengeluarkan iPhone dari lingkaran firmware yang buruk, yang dapat kamu lakukan dengan mengikuti langkah-langkah yang sesuai dengan kombo iPhone/iOS kamu seperti di bawah ini.

Untuk iPhone 8, X, 11, 12, 13, SE (Generasi ke-2), dan SE (Generasi ke-3):

1. Tekan dan segera lepaskan tombol volume atas.

2. Tekan dan segera lepaskan tombol volume turun.

3, Tekan dan tahan tombol daya.

4. Logo apel akan muncul setelah sekitar 10 detik-setelah muncul, lepaskan tombol daya.

Untuk iPhone 7:

1. Tekan dan tahan tombol volume bawah dan tombol daya secara bersamaan.

2. Logo apel akan muncul setelah sekitar 10 detik-setelah muncul, lepaskan kedua tombol.

Untuk iPhone 6, 6s, dan SE (Generasi Pertama):

1. Tekan dan tahan tombol daya atas dan tombol home secara bersamaan.

2. Logo apel akan muncul setelah sekitar 10 detik-setelah muncul, lepaskan kedua tombol.

3. Perhatikan bahwa penekanan tombol ini harus dilakukan secara berurutan. Selain itu, jika iPhone kamu tidak menyala seperti yang diharapkan, kamu harus mencoba mengisi daya ponsel setidaknya selama 10 menit sebelum mencoba lagi.

3. Baterai sudah jelek

7 Penyebab iPhone tidak mau menyala, begini cara mengatasinya foto: tangkapan layer/techno.id/yani andriyansyah

Seiring waktu, baterai pada ponsel pintar akan mulai menurun dan semakin lama semakin berkurang dayanya. Jika kamu telah menggunakan iPhone secara berlebihan dan telah mengumpulkan ribuan siklus pengisian daya, baterai kamu mungkin telah menurun ke titik di mana baterai tidak dapat lagi menampung daya.

Jika kamu menyimpan iPhone pada kondisi ekstrem (panas atau dingin), terutama saat daya baterai habis selama beberapa minggu atau bulan, hal tersebut dapat menurunkan masa pakai baterai secara signifikan, meskipun jumlah siklus pengisian daya kamu relatif rendah.

Kamu dapat memeriksa masalah baterai dengan melihat apakah iPhone menyala saat dicolokkan. Jika iPhone menyala saat tersambung ke sumber daya, kamu dapat memeriksa kesehatan baterai menggunakan langkah-langkah berikut.

1. Buka aplikasi Pengaturan.

2. Navigasikan ke tab Pengaturan baterai.

3. Pilih opsi Kesehatan Baterai dari menu Baterai.

4. Periksa persentase Kapasitas Maksimum.

5. Jika angkanya di bawah 80%, baterai kamu telah menurun secara signifikan dan kamu akan melihat masa pakai yang lebih pendek per pengisian daya, tetapi kamu seharusnya dapat terus menggunakan iPhone.

6. Jika angkanya di bawah 50%, baterai kamu harus diganti, karena output daya maksimum baterai kamu mungkin terlalu rendah untuk menangani kinerja iPhone.

7. Jika ternyata baterai yang menyebabkan masalah, kamu dapat menggantinya dengan mengikuti tautan Penggantian Baterai iPhone yang relevan untuk model iPhone kamu.

(brl/red)