5 Masalah iPhone tidak mau menyala saat mengisi daya, simak cara memperbaikinya

5 Masalah iPhone tidak mau menyala saat mengisi daya, simak cara memperbaikinya

Techno.id - Sebagai pengguna iPhone, mungkin kamu pernah mengalami masalah perangkat tidak mau menyala saat sedang mengisi daya. Jika mengalami masalah seperti itu, jangan keburu panik.

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasinya sekaligus mencari tahu penyebabnya. Berikut 5 masalah yang iPhone tidak mau menyala saat mengisi daya dan cara mengatasinya.

1. Mulai ulang paksa

5 Masalah iPhone tidak mau menyala saat mengisi daya, simak cara memperbaikinya foto: freepik/suwant

iPhone kamu mungkin hanya dibekukan sementara dan memerlukan pengaturan ulang manual atau restart paksa.

2. Baterai mati

5 Masalah iPhone tidak mau menyala saat mengisi daya, simak cara memperbaikinya foto: unsplash/frankie

Jika baterai kamu benar-benar habis, iPhone mungkin tidak dapat langsung menyala meskipun telah dicolokkan ke sumber daya. Sambungkan iPhone ke pengisi daya dan biarkan daya terisi selama 30 menit, lalu coba nyalakan kembali.

3. Port atau kabel pengisian daya kotor

5 Masalah iPhone tidak mau menyala saat mengisi daya, simak cara memperbaikinya foto: freepik/goodmood_studio

Jika iPhone masih tidak menyala setelah 30 menit tersambung ke daya, periksa port pengisian daya dan kabelnya. Pastikan semuanya bersih. Jika port pengisian daya tersumbat serpihan atau kontak kabel pengisian daya kotor, kondisi tersebut dapat menghambat pengisian daya baterai. Bersihkan port dengan hati-hati menggunakan tusuk gigi atau alat non-konduktif lainnya, dan sedikit isopropil alcohol. Biarkan mengering, dan coba kabel pengisian daya yang berbeda. Sebagai alternatif, cobalah mengisi daya iPhone secara nirkabel.

4. Baterai atau port pengisian daya rusak

5 Masalah iPhone tidak mau menyala saat mengisi daya, simak cara memperbaikinya foto: freepik/pvproductions

Jika iPhone masih tidak mau menyala, kemungkinan baterai mati atau port pengisian daya rusak. Ganti baterai dengan baterai yang terisi sebagian dan lihat apakah ponsel akan menyala. Jika tidak, mungkin ada masalah pada tombol daya.

Jika ponsel dapat menyala, colokkan dan lihat apakah indikasi pengisian daya menyala. Jika ponsel mengatakan sedang mengisi daya, maka konektor pengisian daya berfungsi, dan kemungkinan besar baterai rusak. Tetapi jika masih tidak mengisi daya, kamu mungkin perlu mengganti konektor port.

5. Tombol daya tidak berfungsi

5 Masalah iPhone tidak mau menyala saat mengisi daya, simak cara memperbaikinya foto: freepik/rawpixel.com

Jika tombol daya tampaknya tidak berfungsi, colokkan iPhone ke sumber listrik dan lihat apakah iPhone menyala secara otomatis. Jika ponsel menyala dan memiliki daya, mungkin ada masalah dengan tombol daya atau kabel tombol daya. Uji tombol daya dan ganti jika perlu.

(brl/red)