7 Penyebab iPhone tidak mau menyala, begini cara mengatasinya

7 Penyebab iPhone tidak mau menyala, begini cara mengatasinya

7 Penyebab iPhone tidak mau menyala

4. Port pengisian daya kotor

7 Penyebab iPhone tidak mau menyala, begini cara mengatasinya foto: freepik/ibrandify

Jika port pengisian daya tersumbat serpihan atau kontak kabel pengisian daya kotor, hal ini dapat mencegah baterai mengisi daya. Bersihkan port menggunakan tusuk gigi atau probe non-konduktif lainnya, seperti spudger, dan sedikit isopropil alkohol, biarkan mengering, dan coba kabel pengisian daya yang berbeda.

5. Port pengisian daya rusak

7 Penyebab iPhone tidak mau menyala, begini cara mengatasinya foto: freepik/denis barysau

Port pengisian daya pada banyak iPhone dapat menjadi rusak karena sering digunakan untuk mencolokkan dan mencabut kabel pengisian daya, terutama jika kamu tidak terlalu berhati-hati dalam menggunakan port tersebut. Jika port rusak hingga kontaknya putus, iPhone tidak akan dapat mengisi daya menggunakan kabel. Jika hal ini terjadi, ponsel kamu tidak akan menyala lagi karena daya baterai habis.

Jika iPhone kamu dilengkapi dengan kemampuan pengisian daya nirkabel, cobalah menggunakan bantalan pengisian daya nirkabel dan lihat apakah ponsel menyala. Jika ponsel kamu menyala, kamu harus mengganti port pengisian daya, biasanya terletak di papan induk perangkat.

6. Layar rusak

7 Penyebab iPhone tidak mau menyala, begini cara mengatasinya foto: freepik/tonodiaz

Layar ponsel berfungsi menampilkan antarmuka pengguna, dan karena layar mengontrol sebagian besar input atau output ponsel, layar yang rusak dapat disalahartikan sebagai ponsel yang tidak menyala.

Jika ponsel baru saja terjatuh dan layarnya terlihat rusak, penggantian layar dapat mengembalikan ponsel ke kondisi kerja. Namun, kamu dapat mengujinya dengan mencolokkan ponsel ke layar eksternal jika memungkinkan. Jika kamu mendapatkan output pada layar eksternal, itu berarti iPhone kamu masih menyala, tetapi layarnya rusak.

Cara lain untuk menguji layar yang rusak adalah dengan menggunakan amperemeter USB untuk mengonfirmasi bahwa ponsel sedang mengisi daya, sekaligus mengonfirmasi bahwa bagian dalam ponsel masih berfungsi dan menunjukkan adanya masalah pada layar.

7. Motherboard rusak

7 Penyebab iPhone tidak mau menyala, begini cara mengatasinya foto: freepik/fxquadro

Jika tidak ada solusi di atas yang dapat menghidupkan kembali iPhone, masalahnya mungkin ada pada papan sirkuit utama ponsel. Motherboard mengontrol sebagian besar fungsionalitas ponsel, menangani input yang dikirim dari layar dan tombol, serta memprosesnya untuk menghasilkan hasil yang diinginkan.

Biasanya, motherboard hanya akan rusak jika mengalami benturan yang signifikan, terkena air, suhu yang ekstrim, atau ketika pengaturan BIOS diubah (seperti ketika upaya jailbreak tidak berhasil). Jika kamu mencurigai salah satu hal di atas telah merusak motherboard, kamu mungkin perlu menggantinya untuk mendapatkan kembali fungsionalitas iPhone kamu.

(brl/red)