Begini cara memperbaiki iPhone gak bisa di-charge, periksa firmware dan bersihkan port pengisian daya

Begini cara memperbaiki iPhone gak bisa di-charge, periksa firmware dan bersihkan port pengisian daya

Techno.id - Jika pernah mengalami iPhone kamu tidak dapat mengisi daya meski sudah dicolok ke sumber listrik, jangan keburu panik dan langsung mengambil kesimpulan perangkat kamu rusak.

Langkah pertama untuk membuat ponsel kamu dapat diisi daya lagi adalah dengan mengidentifikasi penyebab masalahnya. Di bawah ini adalah kumpulan penyebab paling umum dari iPhone yang tidak mau mengisi daya. Identifikasi komponen mana yang menjadi masalah.

1. Masalah firmware

Begini cara memperbaiki iPhone gak bisa di-charge, periksa firmware dan bersihkan port pengisian daya foto: freepik/rawpixel.com

Jika iPhone kamu berhenti mengisi daya tanpa alasan yang jelas, misalnya kamu tidak menjatuhkannya, terkena air, atau mengalami kerusakan lain sejak terakhir kali dinyalakan, kemungkinan besar penyebabnya adalah kerusakan firmware. Kamu harus melakukan restart paksa untuk mengeluarkan ponsel dari lingkaran firmware yang buruk. Yang dapat kamu lakukan dengan mengikuti langkah-langkah yang sesuai dengan kombo iPhone atau iOS kamu.

Untuk iPhone 8, X, 11, 12, 13, SE (Generasi ke-2), dan SE (Generasi ke-3)

1. Tekan dan segera lepaskan tombol volume atas.

2. Tekan dan segera lepaskan tombol volume turun.

3. Tekan dan tahan tombol daya.

4. Logo apel akan muncul setelah sekitar 10 detik setelah muncul, lepaskan tombol daya.

Untuk iPhone 7

1. Tekan dan tahan tombol volume bawah dan tombol daya secara bersamaan.

2. Logo apel akan muncul setelah sekitar 10 detik setelah muncul, lepaskan kedua tombol.

Untuk iPhone 6, 6s, dan SE (Generasi Pertama)

1. Tekan dan tahan tombol daya atas dan tombol home secara bersamaan.

2. Logo apel akan muncul setelah sekitar 10 detik setelah muncul, lepaskan kedua tombol.

2.Kabel pengisian daya yang buruk

Begini cara memperbaiki iPhone gak bisa di-charge, periksa firmware dan bersihkan port pengisian daya foto: freepik/poravute

Jika kabel pengisian daya menjadi penyebab iPhone tidak dapat diisi, kamu beruntung. Karena mengganti kabel pengisian daya adalah perbaikan termudah. Pertama, periksa kabel secara visual apakah ada kabel yang berjumbai, kabel yang terbuka, atau kerusakan pada konektornya. Jika tidak ada yang salah dengan kabel secara visual, kamu harus melakukan satu atau dua tes cepat.

Cara tercepat untuk menguji apakah kabel pengisi daya bermasalah adalah dengan meminjam kabel yang berfungsi dari teman atau rekan kerja dan melihat apakah ada perbedaannya. Kamu juga harus menguji adaptor atau stopkontak listrik untuk melihat apakah itu juga merupakan akar masalahnya.

3. Port pengisian daya kotor

Begini cara memperbaiki iPhone gak bisa di-charge, periksa firmware dan bersihkan port pengisian daya foto: freepik/poringdown

Gunakan sikat gigi baru, tusuk gigi, atau probe non-konduktif apa pun untuk membersihkan serat atau kotoran yang mungkin terperangkap di dalam port pengisian daya iPhone kamu. Setelah port bersih, colokkan iPhone dan lihat apakah masalah teratasi.

4. Port pengisian daya yang buruk

Begini cara memperbaiki iPhone gak bisa di-charge, periksa firmware dan bersihkan port pengisian daya foto: freepik/pvproductions

Jika pembersihan sederhana tidak berhasil, ada kemungkinan port pengisian daya tidak berfungsi dan perlu diganti.

(brl/red)