Cara mengatasi pengisian daya baterai iPhone yang lemot

Cara mengatasi pengisian daya baterai iPhone yang lemot

Techno.id - Saat iPhone akan kehabisan daya baterai, pengguna akan berupaya mencari sumber daya listrik untuk mengisi ulang baterai. Namun saat di-charge, pengisian daya justru berjalan lambat. Butuh waktu cukup lama agar baterai terisi penuh kembali.

Kondisi ini tentu saja membuat pengguna stres. Apalagi jika mereka butuh waktu cepat untuk menyelesaikan tugas-tugas atau sekadar berselancar di dunia maya.

Nah masalah daya tahan baterai dan pengisian daya mungkin tampak sederhana, tetapi ada banyak mata rantai dan bisa jadi ada yang salah mengapa pengisian berjalan lambat.

Sebelum menemukan solusinya, ada beberapa langkah yang perlu kamu lakukan. Cobalah pengisi daya yang berbeda. Mungkin saja kabel atau adaptor yang kamu gunakan bermasalah atau rusak.

Kamu juga bisa mencoba untuk menyalakan ulang iPhone. Cara ini biasanya dapat mengatasi masalah perangkat lunak yang error yang mengakibatkan pengisian daya lemot.

Periksa juga apakah iPhone kamu agak panas meskipun tidak sedang diisi daya? Kondisi tersebut mungkin ada masalah dengan perangkat lunak.

Jika iPhone kamu kesulitan mengisi daya melebihi 80%, periksa Pengaturan > Baterai > Kesehatan Baterai dan Pengisian Daya untuk mengetahui apakah Pengisian Daya Baterai yang Dioptimalkan diaktifkan. Pengaturan ini mencegah ponsel mengisi daya hingga kapasitas penuh.

Jika kamu sudah melakukan beberapa langkah tersebut namun pengisian daya masih saja lambat, kamu bisa melakukan beberapa pemeriksaan di bawah ini.

1. Watt adaptor pengisi daya terlalu rendah

Cara mengatasi pengisian daya baterai iPhone yang lemot foto: freepik/rawpixel

Coba kamu perhatikan instruksi yang biasanya tertera pada adaptor pengisian daya. Di situ ada informasi jumlah daya yang dapat dihasilkan pengisi daya yang sangat terkait dengan kecepatan pengisian daya perangkat.

Biasanya terdapat informasi tegangan input yang menunjukkan 100-240V AC. Lalu ada juga tegangan output dan Ampere. Adaptor biasanya mampu mengeluarkan beberapa tegangan termasuk 5V, tegangan tipikal untuk pengisian daya USB.

Pengisi daya Apple iPhone biasanya menyantumkan keterangan 5V dan 1A. Artinya pengisi daya tersebut menjadi pengisi daya 5 Watt (5x1=5 watt). Semakin tinggi watt pada pengisi daya, semakin cepat iPhone dapat mengisi daya. Jika kamu menggunakan pengisi daya Apple 5W yang lama, menukarnya dengan pengisi daya 20W dapat membuat perbedaan besar.

Perlu diketahui bahwa pengisi daya OEM Apple 20W dilengkapi port USB C, jadi kamu memerlukan kabel USB C ke Lightning jika menggunakan iPhone lama. Karena itu selalu gunakan pengisi daya bawaan Apple. Penggunaan pengisi daya di bawah standar dalam jangka panjang dapat merusak mekanisme pengisian daya di dalam iPhone kamu.

2. Bersihkan port pengisian daya iPhone

Cara mengatasi pengisian daya baterai iPhone yang lemot foto: freepik/bublikhaus

Kamu sering memasukkan iPhone ke dalam saku atau tas. Nah saku atau tas pasti memiliki serat di dalamnya. Serat atau kotoran ini dapat menyumbat port pengisian daya sehingga memengaruhi kecepatan pengisian daya.

Periksa port tersebut dengan menggunakan senter. Biasanya ada serabut atau sampah yang tersangkut dan menekan bagian belakang port. Periksa juga kesesuaian kabel. Apakah colokan terpasang rata dengan bagian port iPhone. Jika posisinya miring, atau ada celah di mana kamu asih bisa melihat logam pengisi daya, maka perlu dibersihkan dengan baik. Kondisi ini dapat membatasi jumlah kontak yang dilakukan pengisi daya dengan port.

Jika terdapat kotoran di dalam port, gunakan tusuk gigi atau probe non-konduktif lainnya untuk membersihkannya. Masukkan ujungnya lurus ke belakang dan kikis sisa kotoran secara perlahan.

Jika tusuk gigi terlalu besar, cobalah membelah ujungnya dengan pisau. Setengah tusuk gigi biasanya dapat menjangkau celah-celah paling tersembunyi pada port pengisian daya.

(brl/red)