7 Cara sederhana meningkatkan masa pakai baterai iPad, gampang dan ampuh

7 Cara sederhana meningkatkan masa pakai baterai iPad, gampang dan ampuh

Cara meningkatkan masa pakai baterai iPad.

7 Cara sederhana meningkatkan masa pakai baterai iPad, gampang dan ampuh

foto: freepik.com/master1305

1. Menekan konsumi baterai oleh aplikasi

Buka Setting lalu pilih Battery untuk melihat detail penggunaan baterai. Pengaturan bawaan "Last 24 Hours" menunjukan aplikasi mana saja yang paling boros mengonsumsi baterai.

Pengguna juga bisa melihat aktivitas latarbelakang dari aplikasi tersebut. Jika tersedia, akan ada saran tindakan untuk mengurangi keborosan baterai di bagian atas layar.

2. Low Power Mode

Salah satu cara untuk memperpanjang daya baterai adalah dengan mengaktifkan fitur ini. Low Power Mode bekerja dengan menangguhkan pengambilan email, referesh terhadap aktivitas latarbelakang aplikasi, auto-download, dan lain-lain.

Cara mengaktifkannya adalah dengan pergi ke Settings, pilih Battery atau memberikan instruksi pada Siri untuk mengaktifkannya. Atau alternatif lainnya juga adalah dengan pergi ke Settings, pilih Control Center, lalu pilih Customize Controls. ketukt ikon + yang berada di sebelah Low Power Mode.

3. Kunci otomatis dan kecerahan layar

Kunci otomatis setelah 30 detik dapat membantu ketahanan baterai. Cara untuk mengaturnya adalah dengan membuka Settings, kemudian Display & Brightness, pilih Auto-Lock.

Merendahkan keterangan layar juga memiliki dampak yang sama. Buka Settings, pilih dan atur Display dan Brightness.

4. Magic Keyboard

Penyambungan dengan Magic Keyboard yang merenggut masa pakai baterai, terutama pada kalangan pengguna iPad Pro, sangat sering ditemui. Untuk mengatasinya, jangan pernah tinggalkan iPad Pro dalam keadaan terbuka dan masih tersambung dengan Magic Keyboard.

5. Suhu panas dan dingin

Situasi lingkungan di sekitar iPad dijalankan, terutama suhunya, sangat berpengaruh pada baterai. Optimalnya adalah 32 hingga 95 F (0 hingga 35 C). Suhu di atas 95 F (35 C) berpotensi merusak kapasitas baterai secara permanen.

Namun jika perangkat ditempatkan pada lingkungan yang memiliki suhu di bawah 32, juga akan mengalami hal yang serupa. Oleh karena itu hindari situasi yang membuat perangkat berada di tempat dengan suhu-suhu tersebut.

6. Menyegarkan latarbelakang aplikasi

Selain Low Power Mode, kamu juga bisa menggunakan fitur ini dengan cara membuka Settings, pilih General, dan Background App Refresh.

Menyalakan Wi-Fi dan seluler sambil menyesuaikan aplikasi mana yang digunakan untuk pembaruan aplikasi latar belakang merupakan pilihan yang paling tepat.

7. Layanan lokasi dan data seluler

Menyalakan layanan lokasi membuat boros baterai. Buka Settings, pilih Privacy & Security, pilih Location Service. Ini agar kamu bisa memperbarui akses dan kerja fitur layanan lokasi. Perhatikan tiap aplikasi yang meminta akses menggunakan lokasi pada perangkat. Ubah pengaturan menjadi While Using, Ask Next Time, atau Never.

(brl/guf)