Login Gmail kini tak perlu pakai password, ini penjelasan dan cara mudah menerapkannya

Login Gmail kini tak perlu pakai password, ini penjelasan dan cara mudah menerapkannya

Techno.id - Sistem keamanan pada sebuah akun menjadi perhatian khusus bagi developer aplikasi. Baru-baru ini Google telah memperbarui sistem keamanan kata sandi di platform Gmail. Melalui update yang diberikan, kata sandi atau password tidak menjadi satu-satunya cara pengguna melakukan Login.

Untuk pertama kalinya, kami menggulirkan kunci sandi (passkey), cara yang paling mudah dan paling aman untuk login ke dalam aplikasi dan website. Langkah besar menuju masa depan tanpa password, tulis Google dalam blog resminya, Rabu (3/5/2023).

Seperti diketahui, pengguna login ke Gmail memakai password yang telah diatur sebelumnya, baik itu berupa kombinasi huruf, angka, hingga simbol. Namun berkat update terbaru, Gmail mempunyai fitur layaknya passkey. Artinya, pengguna bisa masuk ke Gmail layaknya membuka lockscreen smartphone.

Login Gmail kini tak perlu pakai password, ini penjelasan dan cara mudah menerapkannya

foto: Google.com

Nantinya pengguna bisa memilih jenis passkey yang terdiri dari pemindai sidik jari (fingerprint), pemindai wajah (face scan), sampai koden PIN. Dengan fitur baru ini, Google menilai sistem keamanan akan jauh lebih aman dan lebih mudah digunakan.

Fitur fingerprint dan face scan menjadi opsi terbaik untuk bisa diterapkan. Dengan mengaktifkan fitur tersebut, peluang terjadinya peretasan maupun kebocoran data akan jauh lebih sedikit. Apalagi bentuk wajah dan sidik jari antar manusia berbeda-beda. Sedangkan bagi pengguna yang memilih PIN, pastikan kombinasi dari PIN tidak berurutan atau umum dipakai, seperti 1234, 0000, 1010, dan lainnya.

Sistem keamanan baru Gmail dari Google ini sudah bisa diterapkan untuk pengguna, terutama bagi pengguna di Tanah Air. Pengguna bisa mendaftarkan diri untuk mendapatkan passkey login ke semua layanan Google, seperti Gmail, Drive, Meet, dan masih banyak lagi.

Pengguna dapat mengakses tautan g.co/passkeys untuk melakukan pengaturan keamanan. Kemudian pastikan passkey yang terdaftar mempunyai kode multi-digit yang acak, tidak berukuran, dan bukan kombinasi mudah dipahami, seperti tanggal lahir, maupun nama pengguna. Nantinya setelah passkey terdaftar, semua akses ke layanan Google Workspace bisa menggunakan passkey yang sama.


(brl/guf)