7 Cara mengetahui apakah smartphone kamu disadap, waspadai jika banyak aktivitas mencurigakan  

7 Cara mengetahui apakah smartphone kamu disadap, waspadai jika banyak aktivitas mencurigakan  

Cara mengetahui smartphone disadap

5. Gangguan elektronik

7 Cara mengetahui apakah smartphone kamu disadap, waspadai jika banyak aktivitas mencurigakan foto: freepik/mrdm

Tidak jarang terjadi gangguan pada ponsel kamu saat berada di sekitar perangkat elektronik lain, seperti laptop, telepon, atau televisi. Hal ini seharusnya tidak terjadi ketika kamu tidak sedang menggunakan ponsel secara aktif.

Jadi periksalah untuk melihat adanya gangguan statis atau gangguan ketika kamu tidak sedang menelepon. Letakkan ponsel di dekat perangkat elektronik lain. Jika kamu mendengar suara yang tidak biasa, itu mungkin merupakan tanda bahwa seseorang sedang mendengarkan panggilan kamu.

Beberapa perangkat penyadap menggunakan frekuensi yang dekat dengan pita radio FM. Jika radio kamu mengeluarkan suara bernada tinggi saat diatur ke mono, dan diputar ke ujung pita, telepon kamu mungkin disadap dan mengganggu.

Hal yang sama juga berlaku untuk frekuensi siaran TV yang menggunakan saluran UHF (frekuensi ultra-tinggi). Kamu dapat memeriksa gangguan dengan mendekatkan ponsel dengan TV yang memiliki antena.

6. Tagihan telepon lebih tinggi dari biasanya

7 Cara mengetahui apakah smartphone kamu disadap, waspadai jika banyak aktivitas mencurigakan foto: freepik/shisuka

Buat kamu pengguna pascabayar, jika tagihan telepon menunjukkan lonjakan yang luar biasa tinggi dalam penggunaan teks atau data, ini adalah tanda lain bahwa seseorang mungkin telah meretas ponsel kamu.

Jika kamu baru saja mengunduh aplikasi baru yang menggunakan banyak data, itu bisa menjadi alasan untuk peningkatan penggunaan data secara tiba-tiba.

Spyware dan aplikasi berbahaya lainnya juga dapat menggunakan paket data selular untuk melakukan transaksi rahasia tanpa sepengetahuan kamu. Jadi jika kamu melihat lonjakan aktivitas data yang tiba-tiba pada tagihan telepon, hubungi operator kamu untuk meminta bantuan.

7. Aplikasi pihak ketiga

7 Cara mengetahui apakah smartphone kamu disadap, waspadai jika banyak aktivitas mencurigakan foto: freepik/kitinut

Aplikasi pihak ketiga adalah sumber potensial untuk malware dan spyware. Jika kamu baru saja mengunduh aplikasi dari tempat lain selain App Store atau Google Play Store, hal ini patut diwaspadai.

Meskipun kamu menggunakan saluran yang tepat untuk mengunduh aplikasi, beberapa penipu menyalin nama dan ikon aplikasi yang sudah terkenal saat membuat aplikasi palsu. Jadi, sebelum mengunduh, ada baiknya kamu melakukan pencarian di Google untuk mengetahui apakah aplikasi dan pengembangnya sah atau tidak.

Berhati-hatilah dengan aplikasi apa pun, terutama game, yang meminta izin untuk mengakses riwayat panggilan, buku alamat, atau daftar kontak.

(brl/red)