Cara menjaga email kamu tetap terenkripsi di Gmail

Cara menjaga email kamu tetap terenkripsi di Gmail

Techno.id - Internet bukanlah tempat yang aman. Karena itu kamu harus selalu waspada dengan data-data penting kamu. Sebab jika tidak, banyak masalah yang dapat terjadi jika data kamu dicuri para peretas.

Karena itu melindungi data menjadi sangat penting saat mengirim data sensitif melalui email. Meskipun Google mengklaim bahwa Gmail cukup aman tanpa pengaya apa pun, tetap saja sampai saat ini terus muncul kasus peretasan email dan serangan phishing dari waktu ke waktu.

Untuk membuat lebih aman bagi pengguna, Google telah menyertakan beberapa trik seperti enkripsi dan mode rahasia. Cara-cara ini memungkinkan pengguna membuat email mereka lebih aman dengan menambahkan lapisan keamanan tambahan.

Jika kamu ingin mengirim email dengan aman di Gmail, berikut ini adalah cara untuk melakukannya.

Mengenkripsi email di Gmail

Cara menjaga email kamu tetap terenkripsi di Gmail foto: freepik/user6309018

Secure/Multipurpose Internet Mail Extensions (S/MIME) di Gmail memungkinkan pengguna mengamankan email mereka dan memastikan bahwa email tersebut tidak diutak-atik selama transit. Setelah diaktifkan, ekstensi ini mencegah peretas dan penyerang menyuntikkan malware atau virus ke dalam email.

Untuk mengaktifkannya, ikuti langkah-langkah di bawah ini. Namun sebelum itu, penting untuk diketahui bahwa fitur ini hanya tersedia untuk pengguna gmail berbayar. Artinya fitur ini hanya tersedia untuk akun Google Workspace. Selain itu, fitur ini juga tersedia di semua platform termasuk aplikasi selular dan web.

1. Buka Gmail dan buka konsol Google Admin.

2. Pilih Aplikasi > Google Workspace dan klik Gmail.

3. Sekarang, pilih Pengaturan pengguna dan pilih nama domain untuk mengaktifkan S/MIME.

4. Aktifkan enkripsi S/MIME untuk mengirim dan menerima email.

5. Setelah diaktifkan, klik tulis, tambahkan penerima dan segera setelah kamu melakukannya, kamu akan melihat ikon gembok di samping nama mereka. Warna merah menunjukkan bahwa email tersebut tidak dienkripsi dan warna hijau, abu-abu mencerminkan tingkat enkripsi.

(brl/red)