5 Cara mencegah ponsel dibajak orang tak bertanggung jawab, simak penjelasannya

5 Cara mencegah ponsel dibajak orang tak bertanggung jawab, simak penjelasannya

Techno.id - Dalam era digital yang semakin maju seperti sekarang ini, smartphone telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan kita. Namun, dengan kemudahan akses ke internet dan berbagai aplikasi, risiko keamanan juga semakin tinggi. Salah satu risiko terbesar adalah kemungkinan smartphone kita dibajak orang lain.

Untuk melindungi data pribadi dan informasi sensitif kamu, Techno.id merangkum 5 cara mencegah ponsel kamu dibajak orang tak bertanggung jawab, Jumat (29/09).

1. Aktifkan kunci layar

5 Cara mencegah ponsel dibajak orang tak bertanggung jawab, simak penjelasannya foto: unsplash/fly:d

Kunci layar (screen lock) adalah langkah pertama yang harus dilakukan untuk melindungi ponsel kamu dari akses tanpa izin. Aktifkan pola kunci, PIN, atau sensor sidik jari sesuai dengan pilihan. Pastikan untuk menggunakan kombinasi yang kuat dan unik agar tak mudah diretas.

2. Perbarui sistem operasi dan aplikasi

5 Cara mencegah ponsel dibajak orang tak bertanggung jawab, simak penjelasannya foto: unsplash/mika baumeister

Perbarui sistem operasi ponsel kamu secara teratur. Pengembang sering merilis pembaruan keamanan untuk melindungi perangkat. Selain itu, pastikan semua aplikasi juga diperbarui ke versi terbaru karena pembaruan sering kali mencakup perbaikan keamanan.

(magang/rama prameswara)

(brl/red)