7 Cara mengetahui apakah smartphone kamu disadap, waspadai jika banyak aktivitas mencurigakan  

7 Cara mengetahui apakah smartphone kamu disadap, waspadai jika banyak aktivitas mencurigakan  

Techno.id - Semua ponsel pintar rentan terhadap penyadapan, terutama jika perangkat di-jailbreak atau di-root untuk memanfaatkan aplikasi pihak ketiga. Diperlukan beberapa penyelidikan untuk mengetahui apakah kamu berurusan dengan penyadapan telepon atau hanya gangguan acak.

Jika kamu hanya melihat salah satu dari tanda-tanda yang tercantum di bawah ini, terutama secara acak, maka kamu mungkin tidak berurusan dengan aplikasi mata-mata atau perangkat penyadap lainnya. Tetapi jika kamu menemukan beberapa, terutama secara konsisten, maka bisa jadi ada seseorang yang menyadap perangkat kamu. Berikut tanda-tanda smartphone kamu disadap atau dibajak.

1. Kebisingan latar belakang

7 Cara mengetahui apakah smartphone kamu disadap, waspadai jika banyak aktivitas mencurigakan foto: freepik

Jika kamu mendengar suara statis, dengungan bernada tinggi, atau suara latar belakang yang aneh saat melakukan panggilan telepon, itu mungkin merupakan tanda bahwa ponsel kamu sedang disadap. Jika kamu mendengar suara yang tidak biasa seperti bunyi bip, klik, atau suara statis ketika tidak sedang melakukan panggilan, itu adalah tanda lain bahwa ponsel kamu disadap.

Meskipun demikian, suara-suara aneh memang muncul dari waktu ke waktu pada panggilan telepon selular, jadi ini bukan indikator pasti bahwa ada sesuatu yang salah.

Periksa suara yang tidak terdengar di ponsel dengan menggunakan sensor bandwidth suara pada frekuensi rendah. Sensor bandwidth suara adalah aplikasi pendeteksi suara dari ponsel lain yang dapat digunakan untuk mengukur suara pada perangkat yang berpotensi disadap. Jika aplikasi ini menemukan suara beberapa kali dalam satu menit, maka ponsel kamu mungkin telah disadap.

2. Daya tahan baterai berkurang

7 Cara mengetahui apakah smartphone kamu disadap, waspadai jika banyak aktivitas mencurigakan foto: freepik/user6724086

Jika daya tahan baterai ponsel kamu tiba-tiba drop dari biasanya, atau jika baterai menjadi panas saat ponsel digunakan, ada kemungkinan perangkat lunak penyadapan berjalan secara diam-diam di latar belakang dan menghabiskan daya baterai.

Jika baterai ponsel kamu berusia lebih dari satu tahun, mungkin baterai tersebut kurang mampu untuk mengisi daya. Dalam hal ini, ada beberapa langkah yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan daya tahan baterai ponsel.

Pertimbangkan seberapa sering kamu menggunakan ponsel. Apakah kamu melakukan lebih banyak panggilan suara atau menggunakan aplikasi lebih sering dari biasanya? Jika ya, mungkin itu alasan mengapa baterai ponsel kamu lebih cepat habis dari biasanya.

Kamu dapat menggunakan pengaturan ponsel untuk mendapatkan informasi terperinci tentang apa yang menghabiskan baterai, atau mengunduh aplikasi untuk mendapatkan gambaran yang lebih jelas tentang apa yang terjadi.

Pada iPhone, buka Pengaturan > Baterai, lalu gulir ke bawah ke Penggunaan Baterai. Atau, kamu bisa mengunduh aplikasi Battery Life dari App Store atau mengunduh aplikasi Coconut Battery.

Untuk perangkat Android, cari Pengaturan untuk mengetahui penggunaan baterai atau buka Pengaturan > Perangkat > Baterai untuk melihat aplikasi mana yang paling banyak menggunakan daya baterai.

Periksa penggunaan aplikasi, lalu periksa lagi beberapa hari kemudian untuk melihat aplikasi mana yang paling banyak berubah. Jika kamu sering menggunakan aplikasi-aplikasi tersebut, kemungkinan aplikasi-aplikasi tersebut menggunakan banyak baterai. Tetapi jika kamu tidak sering menggunakannya, maka sesuatu yang aneh mungkin sedang terjadi, seperti virus yang menyadap ponsel kamu. Sebaiknya hapus aplikasi tersebut.

3. Masalah saat mematikan perangkat

7 Cara mengetahui apakah smartphone kamu disadap, waspadai jika banyak aktivitas mencurigakan foto: freepik/rawpixel

Jika ponsel kamu tiba-tiba menjadi kurang responsif atau sulit dimatikan, mungkin ada orang yang mendapatkan akses tidak sah ke ponsel kamu.

Saat mematikan ponsel, periksa apakah pematian gagal atau lampu latar tetap menyala bahkan setelah kamu menyelesaikan proses pematian. Jika demikian, pelakunya bisa jadi perangkat lunak berbahaya atau kesalahan karena pembaruan ponsel yang baru saja kamu lakukan.

4. Aktivitas mencurigakan

7 Cara mengetahui apakah smartphone kamu disadap, waspadai jika banyak aktivitas mencurigakan foto: freepik

Jika ponsel kamu mulai hidup atau mati atau mulai menginstal aplikasi sendiri, seseorang mungkin telah meretasnya dengan aplikasi mata-mata dan mungkin mencoba menyadap panggilan. Berikut beberapa aktivitas mencurigakan yang harus kamu perhatikan.

Pesan teks aneh

Tanda utama lain bahwa seseorang mencoba menyadap ponsel adalah jika kamu menerima pesan teks SMS aneh yang berisi huruf dan angka yang tidak beraturan dari pengirim yang tidak dikenal.

Iklan pop-up

Iklan pop-up yang aneh dan masalah kinerja yang tidak dapat dijelaskan juga dapat menunjukkan adanya malware atau aplikasi penyadap. Namun, penjelasan yang lebih umum adalah iklan yang mengganggu mencoba menawarkan produk kepada kamu.

Ikon yang bergerak

Saat kamu tidak menggunakan ponsel, ikon aktivitas jaringan dan bilah kemajuan lainnya di bagian atas layar seharusnya tidak bergerak. Ikon bergerak yang mengindikasikan aktivitas dapat berarti seseorang menggunakan ponsel kamu dari jarak jauh atau mengirim data di latar belakang.

Informasi pribadi muncul secara online

Cara lain untuk mengetahui apakah ponsel kamu disadap adalah jika data pribadi yang hanya disimpan di ponsel telah bocor secara online. Catatan, email, gambar, atau data lain yang telah kamu amankan di ponsel seharusnya tetap berada di ponsel kecuali jika kamu sengaja merilisnya ke publik. Jika ponsel kamu disadap, peretas dapat mengekstrak data kamu dari jarak jauh dan memposting file pribadi secara online.

(brl/red)