5 Cara mengetahui jika smartphone kamu disadap dari jarak jauh

5 Cara mengetahui jika smartphone kamu disadap dari jarak jauh

Techno.id - Smartphone telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan kita, menyimpan banyak informasi pribadi dan rahasia. Sayangnya, dalam era digital ini, risiko penyadapan smartphone dari jarak jauh semakin meningkat.

Penyadapan semacam ini bisa memiliki konsekuensi serius, termasuk kebocoran data pribadi dan kerugian finansial. Untuk melindungi diri dari penyadapan, penting untuk mengetahui tanda-tanda bahwa smartphone kamu mungkin telah disadap.

Berikut 5 cara untuk mengidentifikasi smartphone kamu disadap dari jarak jauh, Selasa (10/10).

1. Peningkatan penggunaan baterai

5 Cara mengetahui jika smartphone kamu disadap dari jarak jauh foto: freepik/vectorjuice

Jika smartphone kamu tiba-tiba mengalami peningkatan penggunaan baterai yang signifikan tanpa alasan yang jelas, ini bisa menjadi tanda bahwa ada aplikasi penyadap yang bekerja di latar belakang. Aplikasi penyadap dapat memakan daya baterai yang lebih banyak daripada aplikasi biasa.

2. Perangkat terasa panas

5 Cara mengetahui jika smartphone kamu disadap dari jarak jauh foto: freepik

Jika smartphone kamu terasa lebih panas dari biasanya, atau jika kamu merasa panas di sekitar area di mana kamu menyimpan ponsel, ini bisa menunjukkan adanya aktivitas yang tidak biasa di dalam perangkat. Penyadap seringkali dapat membuat perangkat beroperasi secara intensif, yang dapat menghasilkan panas tambahan.

3. Penggunaan data yang mencurigakan

5 Cara mengetahui jika smartphone kamu disadap dari jarak jauh foto: freepik

Pantau penggunaan data kamu. Jika kamu melihat lonjakan penggunaan data yang tidak wajar, ini bisa menjadi tanda bahwa aplikasi penyadap mengirimkan informasi dari smartphone kamu ke server eksternal. Perhatikan juga jika ada aplikasi yang terus-menerus mengakses internet tanpa izin kamu.

(magang/rama prameswara)

(brl/red)