6 Cara menemukan email yang hilang di Gmail, mungkin salah masuk folder  

6 Cara menemukan email yang hilang di Gmail, mungkin salah masuk folder  

Techno.id - Kamu mungkin pernah membaca sebuah email namun tidak pernah menemukannya lagi di kotak masuk Gmail. Entah kamu tidak sengaja menghapusnya atau kamu memeriksa di folder yang salah.

Ada banyak alasan mengapa kamu tidak dapat menemukan email penting. Untungnya, ada beberapa hal yang dapat kamu lakukan untuk menemukan email yang hilang atau salah tempat tersebut.

1. Periksa folder spam

6 Cara menemukan email yang hilang di Gmail, mungkin salah masuk folder foto: tangkapan layar

Terkadang, email masuk ke folder Spam karena kesalahan penyaringan. Jika kamu memiliki kebiasaan membuka folder Gmail yang berbeda, kemungkinan kamu melihat email tersebut di folder Spam. Dalam kasus ini, untuk menemukan email tersebut, yang perlu kamu lakukan adalah membuka folder Spam dan memindai isinya.

Jika kamu melihat email yang hilang, pastikan untuk mengklik Laporkan bukan spam, agar email tersebut tidak teridentifikasi sebagai spam lagi. Perlu diingat bahwa email akan tetap berada di folder Spam selama 30 hari, setelah itu akan dihapus secara permanen. Karena itu, sangat penting untuk memindahkan email penting ke kotak masuk dari folder Spam segera setelah kamu menemukannya.

2. Periksa sampah

6 Cara menemukan email yang hilang di Gmail, mungkin salah masuk folder foto: tangkapan layar

Ada kemungkinan kamu tidak sengaja menghapus email yang dilihat. Untuk memeriksa apakah email kamu berakhir di folder Sampah, klik Lainnya di panel kiri dan pilih Sampah. Kamu kemudian dapat memindai email yang telah dihapus.

Jika ingat email yang hilang tersebut, kamu dapat mengetikkan kata kunci di bilah pencarian. Dengan cara ini, hanya email yang dihapus yang relevan yang akan terisi. Seperti halnya email spam, email di folder Sampah akan dihapus secara permanen setelah 30 hari. Jadi, jika kamu menemukan email yang dicari, pastikan untuk memindahkannya ke kotak masuk.

3. Periksa folder sosial dan promosi

6 Cara menemukan email yang hilang di Gmail, mungkin salah masuk folder foto: tangkapan layar

Email yang kamu lewatkan mungkin telah dikategorikan sebagai email sosial atau promosi. Gmail memiliki kotak masuk terpisah untuk jenis email ini, sehingga kamu tidak akan pernah melihatnya di kotak masuk utama, sehingga mudah terlewatkan.

Jika kamu ingin memeriksa apakah email yang hilang tersebut ada di kotak masuk Sosial atau Promosi, pilih tab yang sesuai (kamu akan menemukan tab ini di samping tab Utama). Jika kamu ingin memindahkan email sosial atau promosi ke kotak masuk utama, kamu hanya perlu menyeret email tersebut ke tab Utama.

(brl/red)