6 Cara menemukan email yang hilang di Gmail, mungkin salah masuk folder  

6 Cara menemukan email yang hilang di Gmail, mungkin salah masuk folder  

Tips menemukan email yang hilang

4. Tinjau email yang diarsipkan

6 Cara menemukan email yang hilang di Gmail, mungkin salah masuk folder foto: unsplash/justin morgan

Fitur pengarsipan Gmail dirancang untuk membantu pengguna merapikan dan mengatur kotak masuk mereka tanpa harus menghapus pesan-pesan penting. Jika kamu tidak dapat menemukan email penting di kotak masuk, ada kemungkinan kamu telah mengarsipkannya. Untuk mengakses email yang diarsipkan, klik Lainnya di panel kiri dan pilih Semua Email.

Tampilan email berikutnya akan menampilkan semua email, termasuk yang mungkin telah kamu arsipkan secara sengaja atau tidak. Jika menemukan email yang hilang, kamu dapat memindahkannya kembali ke kotak masuk atau membiarkannya diarsipkan. Kabar baiknya, email yang diarsipkan tidak akan terhapus setelah beberapa hari.

5. Memeriksa label lainnya

6 Cara menemukan email yang hilang di Gmail, mungkin salah masuk folder foto: tangkapan layar

Fitur pelabelan Gmail memungkinkan kamu untuk membuat kategori yang berbeda di luar folder Utama, Sosial, dan Promosi. Kamu kemudian dapat menyeret email apa pun yang diinginkan dari kotak masuk utama ke label yang sesuai. Email yang dipindahkan tidak akan terlihat lagi di kotak masuk utama.

Sebagai gantinya, kamu harus mengklik label yang sesuai di panel kiri untuk melihat email ini. Untuk menemukan email yang hilang yang mungkin telah diarahkan ke label tertentu, lihat label di panel kiri dan klik masing-masing label untuk melihat semua email terkait.

6. Gunakan fungsi pencarian Gmail

6 Cara menemukan email yang hilang di Gmail, mungkin salah masuk folder foto: tangkapan layar

Email yang kamu cari mungkin terkubur di antara email-email baru di kotak masuk. Jika kamu tidak dapat menemukan email, cobalah mencarinya dengan memasukkan kata kunci dari teks isi email, subjek, atau nama penerima atau pengirim asli di bilah pencarian Gmail di bagian atas. Dengan melakukan hal ini, biasanya akan muncul email yang relevan.

Meskipun keberadaan folder dan label yang berbeda dapat memudahkan email penting untuk hilang, Gmail juga menawarkan banyak fitur untuk membantu pengguna menemukan email yang hilang.

(brl/red)